Sehat, Cantik, dan Percaya Diri di Masa Pandemi

Sehat, Cantik, Serta Percaya Diri di Masa Pandemi


sehat-dan-bugar-di-masa-pandemi
Its me
 

Pernah merasakan hal yang sama denganku tidak Ladies? Aku merasa kehidupan ini berputar di satu titik saja, tidak maju, berubah, atau bergerak. Malah yang ada seperti berputar berulang-ulang di satu poros yang sama. Seperti yang akan bergerak ke arah baru, tapi ternyata terhenti, dan malah mengulang kejadian yang sama.

Layaknya kepompong yang akan menetaskan kupu-kupu, tapi ternyata alam masih menolak kehadirannya. Kepompong itu menahan sayap kupu-kupu, dan tetap menjadikannya ulat dalam pertapaan alam. Seperti itu juga yang aku rasakan kini di masa pandemi ini. Sesaat kehidupan seolah akan membaik. Eh, tapi ternyata ia malah mundur, kembali ke satu titik awal yang sama, lalu terhenti lagi begitu saja.

Sebuah kondisi yang membuat aku, dan kalian juga pastinya jadi tidak menentu melangkah. Maju adalah hal yang dipertanyakan, mundur adalah pengulangan yang pasti, terhenti dan terjebak di satu titik jadi seperti sebuah kewajaran. Kondisi yang malah bisa menjebak kita semua dalam ketidaknyamanan. Bahkan bisa menimbulkan “virus” yang sesungguhnya. “virus” yang membuat hidup kita jadi tidak berarti.

Akhirnya “virus” itu mengharuskan aku dan kamu melakukan berbagai hal yang bisa menyelamatkan kita dari perangkap ini. Sebuah rangkaian kegiatan yang menjadikan kita tetap berada dalam posisi sadar dan tetap di dunia nyata. Dunia yang memang seharusnya diisi dengan hal-hal yang menyatakan kita ini hidup.

 

Faktor-faktor Penghambat Diri di Masa Pandemi

“virus” yang terlihat itu bisa sangat berbahaya bagi kita. Aku sendiri sudah merasakan akibatnya, dan ternyata cukup sulit juga melepaskan diri darinya. “virus” ini melemahkan tekad, mengaburkan jati diri, mengacaukan akal pikiran, hingga akhirnya menganggu kesehatan. “virus” yang lebih berbahaya dari virus sesungguhnya ini menimbulkan beberapa faktor yang bisa menghambat perkembangan diri.

Rasa tidak aman

Rasa tidak aman membuat aku akhirnya jadi membatasi diri secara maksimal dalam beraktivitas. Semua kegiatan yang berhubungan dengan dunia di luar rumah dihindarkan dengan sengaja olehku. Padahal ternyata menutup diri dibarengi dengan rasa takut yang berlebihan hanya menimbulkan permasalahan psikis.

Beban hati dan pikiran

Segala kegiatan yang dibatasi hanya menimbulkan masalah baru di diri aku. Pikiran jadi terasa dikotak-kotakkan. Hati pun terasa terkungkung. Kalian merasakan hal yang sama tidak, Ladies? Hati dan pikiran yang tidak bebas itu sangat mempengaruhi semangat hidup. Karena terus menerus terbelenggu, malah yang timbul akhirnya pertanyaan tentang diri. Apakah aku ini memiliki daya guna?

Pada akhirnya lama kelamaan jati diri mengabur, kemudian rasa percaya diri juga menurun. Membelenggu diri karena rasa takut dan tidak aman membawa pengaruh yang buruk pada perkembangan diri. Terutama dampaknya sangat terlihat pada kesehatan. Menyadari hal ini, aku mulai mencoba membebaskan diri dari segala pengaruh negatif pandemi ini.

 

Cara Tetap Berdayaguna di Masa Pandemi

Ada beberapa hal yang aku lakukan untuk memompa semangat dan rasa percaya diri. Terutama agar jati diri aku tidak hilang sepenuhnya. Terus. menerus berada di ruang aktivitas yang sama malah membuat aku mempertanyakan diri aku sendiri. Akhirnya aku pun mulai mencoba melepaskan diri dari hal-hal negatif itu.

Baca juga : Ketika Hobi Jadi Cuan

Jalan pagi

Untuk sebagian orang jalan pagi cukup menyulitkan, bahkan aku saja sering keteteran untuk melakukannya. Tetapi aku tetap berusaha untuk melakoninya walaupun telat sedikit. Udara pagi membuat hati dan pikiran aku jadi fresh. Kegiatan ini membantu sekali memompa semangat aku, setidaknya untuk satu hari itu. Jalan pagi setiap hari membantu sekali membangun motivasi diri.

Ketika jalan pagi juga aku sering mendapatkan informasi-informasi penting. Hal ini sangat membantu proses upgrade diri juga untuk menambah penghasilan. Dalam artian interaksi dengan orang lain membukakan juga pintu rezeki kita.

Mencoba resep baru

Kamu pasti juga setuju denganku, Ladies, memasak itu bisa menghilangkan jenuh dan bosan. Aku pun merasakan demikian, jadinya setiap hari sering menonton channel masak di Youtube. Terus kalau ada kesempatan pasti diusahakan untuk mencoba resepnya. Proses kreativitas ketika memasak itu jadi sesuatu hal yang menyegarkan buatku. Memasak sangat membantu dalam kontrol terhadap stres, sekaligus juga menambah keahlian.

Pekerjaan rumah seperti bersih-bersih dan cuci piring juga sebenarnya membawa dampak besar pada kontrol psikisku. Rasa puas ketika melihat semuanya bersih ternyata dapat menimbulkan rasa senang di hati kita.

Proses healing di rumah

Untuk proses ini sebenarnya kegiatan umum yang biasa kita lakukan sehari-hari. Seperti misalnya tidur, aku lebih memilih tidur daripada minum obat sakit kepala. Ketika tidur otak dan tubuh kita istirahat semua. Tidur sangat membantu aku menormalkan kondisi kepala ketika sakit. Juga membantu menyehatkan badan yang lelah serta kurang sehat.

Tentu saja tidur yang lama belum tentu bagus. Tidur yang berkualitas itu tidur nyenyak, walaupun durasinya hanya sebentar juga. Ketika ada masalah atau merasa lelah hati, tidur sangat membantuku untuk mengobatinya.

Selain itu juga aku sering berlama-lama mendengarkan musik. Musik dan lagu sangat membantu untuk me-refresh hati juga otak. Apalagi ketika aku mencoba untuk menyanyikannya. Untuk saat ini aku sedang bernostalgia dengan lagu anak-anak. Selain menyenangkan, ini juga tuntutan dari aktivitas baru aku yang sekarang.

Membaca karya-karya orang lain juga sangat membantu aku. Artikel dan cerita fiksi juga puisi wajib aku baca setiap hari. Aku banyak mendapatkan ilmu baru dari sering menengok karya orang lain ini.

Belajar make up

Ternyata belajar dandan itu menyenangkan. Walaupun tetap saja aku tidak pernah jadi lihai selama bertahun-tahun ini. Tetapi setidaknya dengan belajar aku jadi sering mengintip konten-konten MUA. Jadi sedikit banyaknya aku belajar ilmu baru berdandan, selain belajar juga cara mereka membuat konten kecantikan.

Melihat wajah tampil lebih kinclong ternyata bisa menambah motivasi diri, dan menuju ke pembentukan jati diri.

Menambah ilmu baru

Ini dia yang paling jadi favoritku, menambah ilmu baru. Mengikuti banyak webinar yang relevan dengan hobi sangat membantu aku menambah wawasan baru. Ilmu-ilmu itu langsung aku aplikasikan untuk menambal atau memperbaiki ilmu yang sudah ada. Baik itu ilmu yang dikategorikan ringan seperti tips dan trik memasak, aku tetap menghargainya dan langsung dipraktikkan.

Ilmu lain seperti optimasi blog dan belajar e-magazine lumayan memakan ruang dalam otak. Tetapi sangat membantu aku, dan tentu saja langsung dipraktikkan juga. Banyak yang bilang kalau cara ini makan banyak kuota. Memang benar, tapi jangan lupa, segala sesuatu berjalan sesuai prasangka dan usaha kita sendiri.

Ketika aku berniat, semesta juga bergerak, mendampingi agar niat baik itu terlaksana. Alhamdulillah, pekerjaan-pekerjaan yang dijalani sekarang juga sejalan dengan niat tersebut.


Bandung-Hijab-Blogger
Tema collab with BHB

Banyak hal lain yang aku upayakan agar tetap bisa bertahan di masa pandemi ini. Berbagai kegiatan dan cara yang aku sebutkan di atas setidaknya berhasil mengukuhkan jati diri aku. Aku tetap “sehat, cantik, dan percaya diri di masa pandemi”. Apapun akan aku lakukan agar tetap waras di masa yang serba tak waras ini.

Bahkan aku bisa duduk berjam-jam di bawah pohon demi sebuah healing. Menatap kupu-kupu berlarian di udara, bermain dengan semut, mengabadikan sayap-sayap burung dengan kamera hape. Semua aku lakukan demi tetap segar dan bugar di masa pandemi ini. Demi ide-ide, demi kreativitas, demi sebuah ketenangan. Demi bertahan hidup untuk masa depan yang penuh cahaya kebaikan.

 

Tulisan ini merupakan collab dengan Bandung Hijab Blogger

 

 

 

 

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Selama pandemi ini, jujur pasti banyaaak kegiatan baru yg akhirnya malah rutin kita lakuin kan :). Akupun begitu mba. Coba2 nyari kelas online belajar yoga dan workout, cari video masak dll.baca buku sebanyak mungkin. Dan itu semua bikin tetep waras dan happy di saat begini sih.

    Apapun lah, kegiatan yg manfaatnya positif, selagi bisa dilakuin ,lakuin aja buat kebaikan diri sendiri :)

    BalasHapus
  2. perbanyak kegaiatan positif dan perbanyak minuman herbal agar imunitas tubuh tetap terjaga di saat pandemi

    BalasHapus
  3. selama pandemi kayaknya mulai rajin ikutan kelas online aku mbak, dulu mana pernah ikutan begini
    terus healing nya masih tetep berupa ngeblog dan BW aja

    BalasHapus

Halo, dilarang spam yah. Maaf, kalau ada komentar tidak pantas mimin bakal langsung hapus.