Tips Memilih Hosting Terbaik Untuk Pemula


Hosting Terbaik 

Foto Google

Saat ini konsumsi masyarakat kita tentang informasi semakin jelas jalurnya. Kegiatan konsumsi sebagian besar masyarakat cenderung beralih ke media yang menggunakan internet. Kenyataan ini dimanfaatkan dengan baik oleh mereka yang melihat berbagai peluang di dunia digital. Seperti para pemilik UMKM, juga para penyedia jasa lainnya yang menggunakan media internet.

Termasuk saya pribadi yang ikut bergegas mencari berbagai peluang untuk mengoptimalkan media digital yang dimiliki. Website dan blog pada umumnya merupakan media yang digunakan oleh para pelaku usaha. Baik itu usaha yang berupa jasa ataupun produk. Seperti halnya media yang saya miliki adalah blog, dan ingin dioptimalkan agar bisa mendukung pekerjaan.

Mau tidak mau saya harus menggunakan jasa hosting untuk optimasi blog. Sayangnya, sebagian besar orang masih awam dengan dunia hosting termasuk cara memilih jasa hosting. Kesulitan ini cukup merepotkan, karena sebagai pengguna pastinya tidak ingin kecewa diakhir nantinya.

Sedangkan jasa layanan hosting sangat banyak di internet. Berbagai layanan dan kemudahan juga ditawarkan oleh mereka. Termasuk juga jasa layanan yang ditawarkan oleh hoster.co.id, sebuah layanan hosting yang saya pilih. Setiap jasa hosting memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sudah tugas kita sebagai pengguna agar dapat memilih jasa hosting terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Namun, sebelumnya mari kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan hosting.  Bagi saya yang kebetulan seorang blogger, istilah hosting sering sekali muncul disetiap percakapan antara sesama blogger lainnya. Tapi tetap saja masih bingung dengan arti dan fungsinya. Sebenarnya apa hosting itu, dan apa kegunaannya?

Ternyata hosting itu adalah media penyimpanan data website dan juga email. File datanya sendiri bisa berupa gambar, teks, dan video. Hosting sendiri tampil dalam bentuk website, tampilan ini yang dapat dilihat para pengguna internet. Hosting digunakan dengan tujuan agar setiap file data yang tersimpan di dalamnya dapat diakses oleh semua orang yang memakai internet.

Karena itu pula hosting jadi sangat penting bagi para pelaku usaha baik jasa maupun produk. Karena di dalam hosting mereka bisa menyimpan banyak data tentang identitas perusahaan, jenis produk, jenis layanan dan lainnya. Bisa dikatakan hosting penting sebagai tempat promosi usaha bagi mereka. Tentu saja jasa hosting yang dipilih juga harus mampu mengakomodasi segala kebutuhan.

Bagi pemula yang ingin menggunakan jasa hosting bisa melakukan hal-hal di bawah ini agar mendapatkan yang terbaik.

Pertama, buat list beberapa jasa hosting yang jadi incaran kita. Jasa-jasa layanan hosting bisa dilihat di internet untuk memudahkan dalam pemilihan.

Kedua, buat list perbandingan keunggulan dan kekuangan dari setiap jasa hosting tersebut.

Ketiga, buat perbandingan harga. Pastinya pengguna mencari hosting yang sesuai dengan budget mereka.

Keempat, bandingkan setiap paket hosting yang ditawarkan oleh masing-masing layanan.

Kelima, cari testimoni dari mereka yang pernah menggunakan layanan hosting yang dipilih.

Keenam, cari informasi seputar jasa layanan hosting langsung ke customer service layanannya. Di CS kita bisa menanyakan apa saja sebelum benar-benar memilih menggunakan jasa layanan hosting.

Poin-poin di atas memang saya lakukan ketika mencari layanan hosting yang paling sesuai. Kebetulan saya tertarik menggunakan layanan hoster.co.id. Kenapa tertarik? Selain ada testimoni dari teman, saya juga melihat ada banyak paket yang ditawarkan di hoster.co.id seperti berikut ini.


Foto Hoster.co.id


Paket LITTLEONE, paket ini menawarkan harga mulai dari Rp. 199.000,- per tahun dari harga Rp. 299.000,-

Paket HOSTERONE, paket yang ditawarkan mulai dari Rp. 199.000,- dari Rp. 499.000,- per tahun.

Paket MONSTERONE, paket yang ditawarkan mulai dari harga Rp. 399.000,- per tahun dari Rp. 799.000,-

Untuk melihat berbagai fitur yang ditawarkan per paketnya kalian bisa kunjungi laman hoster.co.id secara langsung. Umumnya fitur-fitur yang ditawarkan oleh hoster.co.id meliputi;

biaya hosting murah, kualitas hosting yang mumpuni, bantuan support terbaik. Hosting menggunakan konfigurasi Dual Xeon E5 Multi Core Server plus kecepatan per core 2Ghz atau lebih. Storage dengan SSD Raid, plus kontrol panel terbaik dari cPanel dan Enterprise LiteSpeed Web Server.

Layanan hosting yang ditawarkan juga bisa dipilih berdasar kebutuhan, apakah untuk hosting bisnis, untuk hosting e-learning, dan jenis layanan lainnya. Di laman hoster.co.id juga ada Special Day Sale dan bisa dicek setiap hari oleh kita jenis penawarannya apa saja.

Dengan kecepatan yang ditawarkan hoster.co.id, tentunya berpengaruh terhadap akses webiste. Website yang mudah diakses dapat berpengaruh pada traffic pengunjung. Umumnya pengunjung akan keluar dari sebuah web kalau web tersebut sulit diakses dalam waktu 3 detik. Web yang sulit diakses akan banyak kehilangan pengunjung.

Tentunya hal ini tidak akan terjadi pada hosting yang memiliki kecepatan baik seperti hoster.co.id. kehilangan pegunjung akan sangat merugikan bagi pelaku bisnis barang dan jasa.

Hoster.co.id juga menawarkan harga yang murah tapi tidak murahan. Maksud dari tidak murahan di sini adalah fitur-fitur yang ditawarkan dalam paketnya bisa dipertanggungjawabkan. Karena tidak ada layanan hosting yang murah sekali harganya plus dilengkapi fitur yang serba wah. Dengan kata lain jangan asal tergoda penawaran harga yang murah dari sebuah layanan.

Hanya saja kesulitan saya sebagai pemula adalah menerjemahkan kata-kata yang ada dalam spesifikasi fitur hosting. Alangkah menyenangkannya apabila kata-kata tersebut diartikan lagi dalam bahasa yang dapat dipahami calon klien dengan mudah. Karena tidak semua orang paham bahasa teknologi yang berhubungan dengan website atau internet.

Akhir kata, hosting memang sangat dibutuhkan di era serba digital ini. Terutama untuk digital marketing sebagai media promosi. Namun, tetap saja pemilihan layanan hosting yang akan digunakan harus dilakukan selektif. Karena segala aspek pendukung hosting yang berupa fitur-fitur di dalamnya akan sangat berpengaruh terhadap traffic pengunjung.

 

Posting Komentar

0 Komentar