5 Tips Segar, Bugar, dan Berdaya Pada Saat Puasa

5 Tips Segar, Bugar, dan Berdaya Pada Saat Puasa

ywidya.my.id

Kamu juga merasakan kalau sedang berpuasa bawaannya itu pasti malas dan mengantuk. Mau melakukan apa-apa itu pasti mikir dulu alias mager. Puasa pasti sering dijadikan alasan untuk mengulur-ngulur waktu bahkan menunda pekerjaan. Padahal kalau kamu beraktivitas seperti biasanya waktu puasa akan terasa cepat berlalu. Lalu bagaimana caranya agar tetap fit dan tidak malas pada saat berpuasa?

Sebenarnya dengan berkegiatan seperti biasanya waktu berbuka tahu-tahu ada di depan mata begitu saja. Justru kalau waktu diisi dengan berbagai aktivitas jadi tidak terasa lamanya. Kantuk yang berlebihan di siang hari biasanya diakibatkan kurang tidur di malam harinya. Selain itu rasa lemas juga karena gula darah di tubuh turun akibat tidak ada makanan dan cairan yang masuk. Nah, malasnya itu timbul karena badan lemas dan merasa tidak berdaya untuk melakukan apapun juga. Kalau setiap hari kita mengikuti rasa malas dan kantuk akibat puasa, bisa-bisa tidak ada satu pun pekerjaan yang selesai.

Ada beberapa cara mengakali agar kantuk dan lemas tidak terlalu rajin hinggap di badan. Jangan puasa dijadikan alasan untuk tidak  melakukan apa-apa. Justru agar tidak terlalu memikirkan haus dan lapar harus mengisi waktu sebanyak mungkin dengan hal yang bermanfaat.

 

Bagaiman Caranya Agar Badan Tetap Bugar dan Segar Pada Saat Puasa?

Puasa bukan ajang bermalas-malasan, jangan pula dijadikan alasan untuk mengubah segala aktivitas yang sudah biasa. Berikut ini beberapa hal yang biasa aku lakukan biar badan tidak terasa lemas dan mengantuk berlebihan.

Sahur dan berbuka secukupnya, entah bagaimana dengan kamu, tapi kalau aku pribadi kebanyakan makan di waktu sahur malah jadi mengantuk dan lemas di siang harinya. Biasanya aku ambil porsi makan sahur yang sedang saja, makan buah, dan minum air putih sekitar 3 gelas. Untuk berbuka juga aku biasakan tidak berlebihan, soalnya ke badan malah berbalik jadi lemas akibat ngantuk kekenyangan. Aku biasakan juga rutin tarawih biar asupan kalorinya terbakar dan tidak menjadi lemak.

Tidak langsung tidur setelah sahur, kalau langsung tidur sebelum dan sesudah Subuh malah bawaannya lemas dan ngantuk. Jadi biasanya aku tunggu Subuh dulu, setelah lewat jam 5 baru tidur

Tidak tidur dalam waktu lama, kebanyakan tidur malah sering bikin badan aku lemas. Lemas karena mengantuk yang terus menerus. Jadi ada baiknya membiasakan diri tidur sebentar saja sesudah Subuh dan di siang hari

Melakukan aktivitas seperti biasa, jangan mentang-mentang puasa jadinya libur semua aktivitas. Justru ketika berkegiatan badan jadi tidak terasa lesu dan lemas, kantuk juga sulit hinggap

Berolahraga, pastinya tantangan besar harus tetap berolahraga dalam kondisi berpuasa. Tapi olahraga justru membuat badan jadi segar dan tidak lesu. Yang harus dilakukan hanyalah mengurangi porsi olahraganya, dan ada baiknya dilakukan pada sore hari. Buat aku yang olahraganya ringan, jalan kaki, tetap diusahakan dilakukan di pagi hari. Setidaknya dalam satu hari aku paksakan ada kegiatan membakar kalori biar badan tidak lesu.

 

Kalau kamu biasanya melakukan apa biar tetap fit dan bugar selama puasa? Beberapa poin di atas cukup membantuku untuk tetap berkreatifitas selama bulan puasa. Justru pada saat ramadan seperti ini banyak konten yang harus disiapkan, jadi jiwa dan raga aku harus selalu dalam keadaan sadar dan bugar. Semoga di ramadan ini banyak hal-hal baik yang kita tebarkan. Selamat menjalankan ibadah puasa di 10 hari terakhir ramadan, mohon maaf lahir dan batin.

Posting Komentar

0 Komentar