3 Fakta Tentang Nia Ramadhani, Siapa Sangka Berasal Dari Keluarga Broken Home

3 Fakta Tentang Nia Ramadhani, Siapa Sangka Berasal Dari Keluarga Broken Home

 

Nia-Ramadhani

Siapa sih yang tidak kenal dengan Nia Ramadhani? Artis cantik ini mencuri banyak perhatian audience karena begitu banyak talenta yang dimiliki. Selain bintang sinetron, Nia merambah pula layar lebar. Bakat entertainer-nya juga dibuktikan sebagai bintang iklan, video klip, dan juga foto model. Ada masanya ketika saya begitu sering melihat Nia berseliweran di layar kaca. Dan terus terang saya senang menonton akting Nia. Kalau boleh jujur, saya nge-fans diam-diam, walaupun tidak full mengikuti perkembangan kariernya.


3 Fakta Tentang Nia Ramadhani

Artis multitalenta, Nia mengawali karirnya di dunia entertainment dari usia sangat muda, 15 tahun. Artis cantik ini lahir pada tanggal 16 April 1990 dan dinamai Prianti Nur Ramadhani. Nia Ramadhani lahir dari ayah bernama Priya Ramadhani dan ibunya, Chanty Mercia. Kedua orang tua Nia sama-sama single parent sebelum menikah. Ayah Priya membawa tiga orang anak laki-laki, sedangkan Ibu Chanty membawa satu orang anak perempuan.

Khrisna Radhitya, Judistira Ramadhani, dan Wawan Ramadhani adalah kakak Nia dari Ayah Priya. Sedangkan Talitha Elizabeth Nugroho merupakan kakak Nia dari Ibu Chanty Mercia.

Seperti kita ketahui, karir Nia Ramadhani diawali sebagai penari cilik pada tahun 1995. Nia makin dikenal masyarakat ketika berperan sebagai Bawang Merah di sinetron Bawang Merah Bawang Putih. Sinetron ini pertama kali tayang pada tahun 2004, saat itu Nia baru berusia 15 tahun.

Menikah di usia muda, Nia memutuskan menerima pinangan putra dari Aburizal Bakrie di usia 20 tahun. Pada tahun 2010, Nia Ramadhani menikah dengan Anindra Ardiansyah Bakrie atau lebih dikenal dengan Ardi Bakrie. Kemudian di bulan Oktober, ia resmi mengganti nama menjadi Ramadhania Ardiansyah Bakrie. Berita pernikahan Nia sempat membuat saya berkhayal tentang cerita putri-putri kerajaan. So sweet banget, cantik, karir mulus, dan tiba-tiba menikah dengan anak konglomerat. Ibarat kata, perjalanan hidup Nia adalah idaman para cewek yang mengharapkan cerita cinta happy ending.

Ardi Bakrie dikenal sebagai pengusaha dan menjalankan bisnis dari Bakrie Group. Perusahaan tersebut bergerak di berbagai bidang, seperti halnya pertambangan, properti, migas, infrastruktur, media, dan telekomunikasi. Saat ini Ardi menempati posisi penting di berbagai perusahaan.

Nia dan Ardi dikaruniai tiga orang anak dari pernikahan mereka, yaitu Mikhayla Zalindra Bakrie, Mainaka Zanatti Bakrie, dan Magika Zalardi Bakrie. Kehadiran ketiga anak dari Nia dan Ardi semakin mengukuhkan mereka sebagai keluarga yang kebahagiaannya sempurna di mata publik, terutama di mata saya pribadi.

Nia Ramadhani dan keluarga


Pernah terjerat narkoba, pada Juli 2021 Nia Ramadhani diberitakan terjerat kasus kepemilikan narkoba. Diawali dari tertangkapnya supir Nia, kemudian disusul oleh Ardi bakrie yang menyerahkan diri ke polisi. Kasus narkoba yang menjerat Nia dan suaminya sempat menggegerkan masyarakat. How can be? Selama ini mereka terlihat baik-baik saja. Nia diberitakan menggunakan narkoba sebagai pelampiasan rasa sedih atas kehilangan ayahnya pada tahun 2014. Berdasarkan fakta tersebut hakim menyatakan Nia bukanlah pecandu narkoba.

 

Siapa Sangka Nia Ramadhani Berasal Dari Keluarga Broken Home

Berita terjeratnya Nia dalam kasus kepemilikan narkoba sempat mengejutkan saya. Jujur waktu itu sempat terlintas dalam pikiran saya kalau Nia terbawa arus pergaulan. Namun, bukan hak saya untuk menghakimi kehidupan orang lain. Karena sebenarnya hanya Nia sendiri yang tahu alasannya kenapa ia sempat mengonsumsi narkoba. Nia akhirnya keluar dari panti rehabilitasi setelah menjalani hukuman selama 8 bulan. Saat ini, Nia dan suaminya telah bebas dan menjalani aktivitasnya kembali.

Saya turut senang karena Nia dan Ardi kembali berkumpul dengan keluarganya. Jujur, sempat saya berpikir, pasti berat bagi Nia menjalani semua itu. Berpisah dari anak-anak, harus menjalani rehabilitasi, belum lagi pertanyaan dari fans dan masyarakat akan fakta dibalik kasus yang menimpa Nia. Pastinya Nia sangat membutuhkan support dari teman dan keluarga untuk mengembalikan semangatnya. Apalagi ketika Nia menyatakan kalau dirinya mengalami trauma masa kecil karena tidak memiliki keluarga utuh.

Terkejut sekaligus sedih ketika menyadari Nia Ramadhani ternyata berasal dari keluarga Broken Home. Ingatan saya langsung kembali ke masa ketika membesarkan anak-anak sendirian. Apakah mereka juga memiliki trauma yang sama seperti Nia? Saya mulai merasa takut dan bersalah. Karena anak sebenarnya pasti sangatlah sedih apabila memiliki orang tua yang tidak lengkap.

 

Nia dan keluarga


Nia Ramadhani Mengalami Krisis Eksistensialis

Saya tahu seperti apa rasanya hal yang dialami Nia. Kebetulan saya juga berasal dari keluarga broken home. Waktu itu umur saya tidak sekecil Nia ketika menghadapi kenyataan orang tua bercerai. Namun, tetap saja luka itu ada. Sedih rasanya hanya memiliki orang tua yang separuh. Tidak seperti anak-anak lain yang terlihat bahagia dengan keluarga utuhnya.

Daya tahan anak menghadapi trauma psikis memang berbeda-beda. Ada anak yang bisa beradaptasi dengan cepat, tapi banyak juga yang malah menjadi trauma berkepanjangan hingga dewasa. Semua tergantung pada karakter serta pola pikir si anak. Bagi yang bisa bertahan dan beradaptasi dampaknya tidaklah begitu besar. Berbeda dengan anak yang dalam masa transisinya sulit beradaptasi dengan kenyataan. Besar kemungkinan trauma tersebut memengaruhi kualitas hidupnya ketika dewasa.

Nia merasa diabaikan melihat orangtuanya yang tidak akur dan sering bertengkar. Ia merasa diabaikan, dan mulai mempertanyakan arti dirinya. Hati Nia makin kosong ketika harus menghadapi kenyataan mereka bercerai. Rasa diabaikan dan mempertanyakan apa arti dirinya makin besar saja. Umur 4 tahun masih sangatlah kecil. Di usia itu Nia terpaksa harus menyaksikan pertengkaran dan perceraian orangtuanya. Usia dimana seharusnya seorang anak mendapatkan perhatian dan kasih sayang penuh dari kedua orang tua.

Namun, Nia mengalami hal yang berbeda. Ia harus rela ditinggalkan Ayah Priya. Pasti sangatlah sulit, karena anak perempuan biasanya lebih dekat pada ayahnya. Kehilangan itu makin besar ketika Ayah Priya meninggal. Rasa bersalah dan pertanyaan akan arti diri semakin membesar. Nia merasa bersalah karena merasa belum memberikan yang terbaik. Hal ini merupakan timbal balik dari kekosongan yang ia rasakan ketika harus menerima kenyataan orangtuanya bercerai. Cerita inilah yang ia kisahkan dalam buku Cerita Ade, karya Nia Ramadhani dan Pidi Baiq.

Nia dan keluarga


Sebenarnya Apa Krisis Eksistensialis itu?

Krisis eksistensial adalah suatu kondisi seseorang yang tidak merasa nyaman mengenai pilihan hidup, makna hidup, serta kebebasan yang ada dalam hidup – Wikipedia.

Kecemasan, stres, dan depresi dapat menimpa siapa saja. Pada sebagian orang hal-hal tersebut dapat dilalui dengan baik dan tidak mengganggu kualitas hidupnya. Namun, pada sebagian yang lainnya dapat menjadi masalah berkepanjangan dan menimbulkan krisis eksistensialis. Krisis eksistensi atau kecemasan eksistensi muncul pada masa transisi beradaptasi. Dengan kata lain, orang dengan kecemasan eksistensi mengalami kejadian tak terduga diluar ekspetasinya. Orang dengan kondisi ini mempertanyakan arti diri dan tujuan hidupnya, dan gagal menemukan jawaban. Hingga pada akhirnya ia beranggapan bahwa dirinya tidak ada artinya.

Sedangkan psikolog menjabarkan krisis eksistensialis sebagai titik balik seseorang yang mulai mempertanyakan makna dan tujuan hidup secara lebih mendalam.

Kecemasan eksistensial yang dialami Nia sebagai timbal balik kehilangan salah satu orang tua akibat bercerai. Ditambah pula kesedihan mendalam ditinggal selamanya oleh Ayah Priya. Sebenarnya tidak anak yang baik-baik saja ketika orangtuanya bercerai. Anak harus beradaptasi dan menjalani hidup yang sulit. Pertanyaan “Mengapa aku tidak seperti anak yang lain? Mengapa orangtuaku tidak utuh?” pasti selalu ada dalam dirinya. Kekosongan dan kesedihan dalam hidupnya inilah yang Nia kisahkan dalam buku Cerita Ade.

 

Nia dan keluarga

Tiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, demikian juga dengan Nia Ramadhani. Hanya saja bukan ranah kita untuk men-judge kehidupan seseorang. Karena hidup kita tidak sama dengan hidupnya. Apa yang kita jalani tidak sama dengan yang ia jalani. Hanya kesempatan dan support yang bisa kita berikan pada mereka. Berikan dukungan terbaik pada dia yang pernah melakukan kesalahan dan ingin bangkit kembali. Hingga pada akhirnya ia dapat berkata, “Hei kamu! Ini aku. Aku yang sekarang lebih baik dari yang dulu ....”

 

 

 

Posting Komentar

15 Komentar

  1. Dulu pas Nia main bawang putih bawang merah, aku sukaaa bgt Ama dia. Malah aku lebih dukung si bawang merah drpd bawang putih yg terlalu pasrah 🤣😂. Selalu suka dengan akting Nia, trus pose2nya sebagai model, cantiknya memang beda dan ga bosenin. Bahkan sampe skr.

    Waktu itu ada IGS di mana dia ngajarin anak2nya utk ucapin terimakasih selalu, intinya dia sendiri sebagai ibu luar biasa kok.

    Sempet kepleset, tapi toh Nia bangkit. Itu yg bikin salut. Aku cuma berdoa Nia ga terjerumus kedua kali. Ada 3 malaikat kecil yg selalu menjadikannya panutan.

    BalasHapus
  2. Orang jawa bilang, "wang-sinawang", yah.. terkadang tak selalu nampak seperti kelihatannya. Semoga ini menjadi hal buruk terakhir bagi Nia dan keluarga.

    BalasHapus
  3. Nonton Nia sejak di Bidadari lanjut ke Inikah Rasanya Bawang Putih dan Bawang Merah.
    Baru tahu mau ada semi auto biografi yang sedang digarap bersama Pidi Baiq. Jadi penasaran dan pengen baca

    BalasHapus
  4. semoga kita bisa ambil hikmahnya ya, biarlah aib dan kesalahannya urusan dia dengan Allah. Kan, dia juga udah direhab juga. semoga Nia bisa menyembuhkan luka pengasuhannya dan tidak meneruskan ke anak-anaknya yaa

    BalasHapus
  5. Siapa sih yang gak kenal sama nia ramadani, apalagi anak 90an? Tapi sekarang suka banget pantengin anaknya. Cantiknya sama

    BalasHapus
  6. Perjalanan hidup Nia Ramadhani sangat panjang ya trnyata anak dari keluarga yang broken home jga tapi alhamdulilahnya Nia bisa sukses didunia karir

    BalasHapus
  7. Menjadi anak dari keluarga broken home memang tidak mudah ya, tapi bukan berarti tidak bisa jadi orang yang sukses dan bahagia. Seperti keadaan Nia Ramadhani saat ini

    BalasHapus
  8. Karena lihat Nia dari zaman main sinetron, tahu sih kalau dia anak broken home. Rasa sakitnya terbawa sampai dewasa bahkan setelah menikah. Semoga setelah ini, mereka jadi pribadi yang lebih baik ya

    BalasHapus
  9. Sama seperti kak @fanny_dcatqueen aku juga suka nia ramadhani sejak sinetron bawang merah dan bawang putih, dan lebih suka ke dia meskipun karakternya antagonis tapi suka banget sama wajahnya sampe sekarang gak banyak berubah awet muda banget..

    BalasHapus
  10. Dari pengalaman hidup seseorang jadi pembelajaran buat kita pastinya. Ambil sisi baiknya untuk dijadikan hikmah, bukan merasa diri paling wah. Itu poinnya memang. Nice artikel kak Yola👍

    BalasHapus
  11. saya suka banget sama nia ramadani dulu dan tahu kalau dia berasal dari keluarga broken home. karena hal itu saya jadi simpati dengan semua hal yang dia lakukan. tapi sekarang karena terlibat kasus yang sama, yaitu narkoba jadi berfikir kok gak jera ya. above all nia ramadani salah satu artis yang multitalenta dan beruntung sih

    BalasHapus
  12. Saya inget dulu Nia sering banget main sinetron. Cantik liatnya. Syukurlah udah nikah punya suami yang baik dan tercukupi kebutuhannya. Sempet kaget pas Ada masalah narkoba. Untungnya sekarang udah move on ya, berprestasi jadi pelari.

    BalasHapus
  13. Sayang banget Nia Ramadhani Dan suami kesandung Masalah narkoba

    BalasHapus
  14. Sayang banget Nia Ramadhani dan suami kesandung masalah narkoba.. Waktu itu sempet nonton juga Bwang Merah Bawang Putih, Nia jadi antagonis ya.. Pas sudah nikah sempet juga nonton Nia masih jadi mc/host di tv..

    BalasHapus
  15. apa yang terlihat di depan kamera, berbeda sama di belakang kamera. Walaupun terlibat narkoba, sekarang sudah move on.

    BalasHapus

Halo, dilarang spam yah. Maaf, kalau ada komentar tidak pantas mimin bakal langsung hapus.