Kita Semua Cantik – I'm Perfect Beauty

I'm Perfect Beauty

my self

Setuju enggak kalau aku bilang definisi cinta itu sangat luas? Sebelum kalian jawab, aku menyatakan setuju dengan pendapat aku sendiri itu. Cantik tidak hanya berkonotasi seputar raut wajah yang terawat sempurna menurutku. Tidak tentang bentuk tubuh langsing semampai dan kaki yang lenjang. Juga tidak tentang modis atau tidaknya seseorang. Cantik tidak selalu berkaitan dengan unsur fisik menurutku. Pemahaman cantik itu sangat luas, dan aku yakin hampir semua orang sependapat denganku.

Cantik pada dasarnya selalu dikaitkan dengan keindahan. Itu sebabnya hal yang tampak di awal atau permukaan selalu dijadikan acuan untuk menilai kecantikan. Wajar sih, tapi bukan hal mendasar yang akhirnya harus dipukul rata untuk mendefinisikan kecantikan. Mata manusia memang menjadi kamera utama yang menyorot cantik dari fisik. Syaraf-syaraf mata akan mengirim sinyal berupa informasi ke otak berdasar apa yang tertangkap serta terlihat mata.

Tapi jangan lupa, ada hal-hal yang tidak bisa dinilai oleh organ mata. Ada hal-hal harfiah yang tidak dapat difenisikan oleh mata sebagai kecantikan. Bentuk dari keadaaan seperti ini hanya bisa dipahami oleh hati berupa empati dan juga simpati. Hanya perasaan kita sebagai manusia yang dapat memahaminya sebagai bentuk lain dari kecantikan. Cantik yang bukan berasal dari fisik, namun muncul dari dalam diri seseorang, dan memancar dalam bentuk aura. Aura ini bisa berupa kebaikan, semangat, kepercayaan diri, bahkan ketaatan hamba pada penciptanya. Sebuah bentuk lain dari cantik yang hanya bisa dirasakan oleh hati manusia.

Cantik Itu Apa?

Apa yang membuat seorang terlihat cantik? Apa pula yang harus dilakukan wanita agar terihat selalu cantik? Pertanyaan-pertanyaan itu wajar sih menurut aku muncul dari diri kita. Apalagi kita sebagai kaum perempuan itu pada dasarnya memang senang disanjung. Tapi, lagi-lagi jangan lupa, ada kecantikan lain yang muncul dari dalam diri kita yang ternyata lebih dihargai. Aku mendapat ide membahas tema ini setelah kemarin mendapat job dengan tema Im Perfect Beauty. Sebuah tema tentang kecantikan yang lahir dari ketidaksempurnaan. Seperti mereka yang terlahir dengan keterbelakangan mental atau cacat fisik tapi tetap bersemangat untuk berkarya dan bermanfaat bagi orang banyak.

Ada banyak orang yang terlahir tidak sempurna di dunia ini, dan ada lebih banyak orang lagi yang merasa dirinya tidak sempurna padahal fisiknya tidak apa-apa. Mereka yang terlahir tidak sempurna banyak yang dapat mengungkapkan kecantikan dari dalam dirinya secara elegan kepada semua orang. Sedangkan mereka yang merasa fisiknya tidak sempurna banyak yang berpura-pura dan memasang topeng ini dan itu untuk menjadi sempurna di mata manusia. Padahal-banyak orang yang menilai kecantikan dari dalam. Hal-hal yang terpancar dari hati lebih dihargai dan dinilai sebagai kecantikan yang sebenarnya. Menjadi apa adanya adalah lebih baik daripada mengada-ada agar terlihat cantik.

Bahkan ternyata ada lebih banyak orang lagi yang kehidupannya jauh dari sempurna dan akhirnya memengaruhi kecantikan psikis dan fisiknya. Banyak dari kita yang keluarganya tidak sempurna, mereka yang hidup dengan orang tua tunggal, mereka yang hidup sendiri tanpa pasangan, mereka yang hidup tanpa keluarga, mereka yang hidup sendiri tanpa pasangan dan anak. Yah, begitu banyak ketidaksempurnaan yang menjauhkan kita dari makna cantik itu sendiri.

Mereka-mereka itulah yang pada akhirnya berusaha membentuk makna cantik itu sendiri dengan kesabaran, keikhlasan, serta ketulusan dalam menjalani kehidupan. Bagiku, wanita-wanita yang tegar dan berjuang penuh keikhlasan dalam ketidaksempurnaan kehidupan yang dijalani adalah milyaran kali lebih cantik dari super model manapun juga. Karena aku pribadi bisa memahami perjuangan para wanita mandiri ini. Mereka yang hidup sendirian dan selalu berusaha tampak tegar padahal hari-harinya penuh airmata, seperti halnya aku sendiri.

Cantik Versi Aku

Menjalani kehidupan yang berliku seringkali membuat harga diri kita goyah dan merasa tidak ada gunanya. Pada saat hal ini terjadi, rasa percaya diri turun drastis sama sekali, dan pastinya rasa minder itu ada. Bahkan akibat buruknya bisa sampai menarik diri dari pergaulan karena merasa tidak berharga. Mereka yang terpuruk dan berusaha bangkit serta tetap berusaha untuk semangat-tampak lebih cantik dari siapapun juga di mataku.

Bagiku, semangat hidup yang besar, kepercayaan diri yang dipupuk, keyakinan dan ketaatan pada Sang Pencipta plus ketulusan serta keikhlasan adalah kecantikan sesungguhnya yang terpancar dari diri seseorang. Hei! Siapapun kamu, seperti apapun bentuk fisikmu, seperti apapun juga kehidupanmu, kamu adalah yang tercantik karena berusaha tetap berjalan walaupun banyak rintangan.

Cantik bagiku adalah berani menjalani segala yang telah ditentukan Allah dengan ikhlas. Cantik adalah tetap yakin dan teguh akan pertolongan Allah, dalam artian tidak patah semangat. Cantik adalah selalu berusaha menyebarkan manfaat bagi orang banyak walaupun dirinya sendiri serba kekurangan. Cantik tidak melulu diciptakan dari perawatan kulit luar dalam, kosmetik lengkap di wajah, serta baju-baju yang fashionable. Cantik itu tercipta dari dalam, sesuatu yang memancar dari diri kita dan membawa pengaruh baik bagi orang lain juga. Hal yang bisa memengaruhi semangat berkarya dan bermanfaat bagi orang banyak.

Fisik kita memang tidak sempurna, tidak tinggi langsing dan putih. Kehidupan kita malah jauh dari sempurna, rumah yang masih numpang, jabatan yang rendah, gaji pas-pasan, bahkan rumah tangga juga semrawut. Tapi semua itu bukanlah apa-apa selama kita bisa menjalaninya dengan apa adanya kita, ikhlas, bersyukur, dan selalu bersemangat. Kita semua cantik! Im Perfect Beauty.

 

 

Posting Komentar

4 Komentar

  1. aku setuju mbakk
    cantik nggak cuma dari sisi luarnya aja yang nampak, tapi sisi "dalam" juga perlu diperhatikan
    susah emang kalau masih ada yang mikir cantik itu putih bla bla bla, sama kayak istilah tong kosong nyaring bunyinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbaak, cantik dari dalam yang paling afdol itu

      Hapus
  2. Aku baca awal sampai selesai tulisannya membuatku semangat menjalani hidup mbak, I'm perfect beauty

    BalasHapus

Halo, dilarang spam yah. Maaf, kalau ada komentar tidak pantas mimin bakal langsung hapus.