3 Fakta Menarik Dari Program Mahfud MD







Pertama kali menginjakkan kaki di Madura, tepatnya di Bangkalan, saya langsung terkagum-kagum. Setelah sebelumnya sempat dibuat terpukau ketika melintasi Jembatan Suramadu. Pantai yang indah, tempat wisata yang menarik, ditambah pula dengan masyarakatnya yang karakternya terbentuk dari hasil pendidikan agama yang baik. Tidak dapat dipungkiri, semua hal tersebut berhasil mengantarkan Bapak Mahfud MD menjadi Bacawapres pada pemilu 2024 yang akan datang.

Sejumlah cerita menarik tentang beliau berhasil membuat saya tersenyum. Nama Mahfud MD punya cerita sendiri. Semasa sekolah ada dua nama Mahfud di kelasnya. Untuk membedakan, para guru sepakat untuk mencamtumkan nama ayah di belakang nama kedua Mahfud. Alhasil, terciptalah nama Mahfud Mahmodin, yang disingkat menjadi Mahfud MD. Ada juga cerita dulu ketika beliau sering belajar dan tidur di kuburan Cina sewaktu masa kuliah. Kuliah di Jurusan Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia inilah cikal bakal beliau aktif di dunia hukum Indonesia. Kira-kira program kerja seperti apa yang dicanangkannya dalam Pemilu 2024?

3 Fakta Menarik Dari Program Mahfud MD

Pasangan dari Bacapres Ganjar Pranowo ini dapat dipastikan ikut pula menyumbangkan buah pikirannya. Ada beberapa fakta menarik seputar program kerja dari kedua pasangan ini.

  1. Selain dalam bentuk dokumen fisik, program juga dibagikan melalui QR Code. QR Code tersebut berisi tautan untuk memudahkan masyarakat mengakses dokumen digital dan ikut mempelajari visi misi serta program kerja.
  2. QR Code juga berisi tautan akses untuk memberi masukan secara langsung pada program kerja. Masukan dari masyarakat sangat diharapkan untuk menyempurnakan visi misi dan program yang telah disusun.
  3. Program berisi visi "Menuju Indonesia Unggul: Gerak Cepat mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari". Sedangkan misinya adalah 8 Gerak Cepat Ganjar dan Mahfud. Secara garis besar visi misi tersebut mencakup isu transisi energi, hilirisasi industri, digititalisasi pencegahan korupsi, serta penanganan fakir miskin dan anak terlantar.

Adapun 8 Gerak Cepat Ganjar dan Mahfud MD berisi misi-misi sebagai berikut ini :

  1. Mempercepat pembangunan manusia Indonesia Unggul yang berkualitas, produktif, dan berkepribadian
  2. Mempercepat penguasaan sains dan teknologi melalui percepatan riset dan inovasi (R&I) berdikari
  3. Mempercepat pembangunan ekonomi berdikari berbasis pengetahuan dan nilai tambah
  4. Mempercepat pemerataan ekonomi
  5. Mempercepat pembangunan sistem digital nasional
  6. Mempercepat perwujudan lingkungan hidup yang berkelanjutan melalui ekonomi hijau dan biru
  7. Mempercepat pelaksanaan demokrasi substantif, penghormatan HAM, supremasi hukum yang berkeadilan, dan keamanan yang profesional
  8. Mempercepat peningkatan peran Indonesia dalam mewujudkan tata dunia baru yang lebih berkeadilan melalui politik luar negeri bebas aktif dan memperkuat pertahanan negara

Ada fakta menarik dari misi 4 yaitu mempercepat pemerataan ekonomi. Salah satu agenda di dalam misi tersebut tentang Bahagia dan Sejahtera. Demi mewujudkannya akan dilaksanakan dalam beberapa program aksi seperti Rumah Kita-10 Juta Hunian dan Kampung Sehat. Kegiatan dari program aksi Rumah Kita-10 Juta Hunian berupa membangun hunian baru atau renovasi rumah sederhana, rusunami, rusunawa, menyediakan lahan strategis yang dekat dengan pusat aktivitas perekonomian serta transportasi umum. 

Sasaran program aksi Ganjar dan Mahfud MD ini adalah masyarakat dengan pendapatan rendah, pekerja sektor informal, buruh dan anak muda, tentunya dengan estimasi harga yang terjangkau. Angin segar untuk masyarakat pada umumnya, dan freelancer seperti saya khususnya. Dengan pendapatan yang tidak tetap setiap bulannya, memiliki hunian strategis dengan harga terjangkau sekarang bisa jadi kenyataan. Sebuah kemudahan pula bagi anak muda untuk memiliki hunian sesuai budget yang dimiliki.

Adapun program aksi Kampung Sehat berisi kegiatan memperbaiki kampung kumuh, baik di desa maupun di kota. Kampung kumuh tersebut akan diperbaiki huniannya, diperbaiki sanitasinya, ketersediaan air minum dan air bersih, adanya fasilitas umum dan sosial, dan ruang terbuka hijau yang memadai. Program aksi ini dapat mengakomodasi harapan masyarakat akan hunian serta lingkungan yang nyaman. Tempat tinggal yang aman, nyaman serta strategis memudahkan dalam beraktivitas. Sudah dipastikan produktivitas, rasa bahagia dan sejahtera masyarakat juga akan meningkat.

Dalam misi ada poin yang membahas tentang pelaksanaan hukum di kehidupan bernegara, peran serta politik luar negeri Indonesia. Gebrakan Mahfud MD di bidang hukum diharapkan dapat memperbaiki serta meningkatkan pelayanan hukum di Indonesia. Melalui peran serta politik luar negeri bebas aktif diharapkan pula nama Indonesia semakin disegani dan mendunia.




























Posting Komentar

0 Komentar