Resep Mertua - Mie Goreng Malaysia




Hai hai, kali ini aku mau nyoba share salah satu resep favorit mertuaku dulu. Bumerku itu hobi banget bikin mie goreng. Entah kenapa enggak ngerti juga. Kayaknya karena hasilnya jadi banyak and bisa muat sampai sore. 

Bumer pan ibu pekerja alias sibuk di ranah publik. Jadinya dia suka yang serba simpel dan masaknya cepat. Kayak mie goreng kecap yang pasti nongkrong di meja makan hampir tiap hari. 

Karena menu mie gorengnya itu-itu aja kadang suka bosen juga. Makanya aku coba bikin model lain, dimodifikasi sama mie goreng Malaysia. 

Aslinya, mie goreng asal negara jiran ini pake mie basah kualitas bagus. Kalau di negara kita setara sama mie hokkian. Jadi kayak mie buat mie bakso, tapi kualitas bagusnya. 

Nah, karena aku enggak nemu mie itu di pasar, jadinya pake mie basah yang biasa dimasak bumer. Mienya murah, sekitar 4-5 ribu sebungkus. Aku pake setengahnya aja udah kebanyakan, apalagi kalo dimasak semua. 

Terus, aslinya bumbu yang diblendernya itu ada terinya. Tapi pan kagok yah kalo beli teri seuprit? Jadinya aku ganti aja pake ebi 2 bungkus. Terus terasinya juga enggak pake 2 kotak, aku pake 1 kotak aja. Buat terasi mending pake terasi homemade yang suka ada di pasar, biar rasanya asli dan enggak pait pas dimasak. 

Udang windu juga aku ganti pake ayam aja. Soalnya pas ke pasar udangnya udah keburu habis diborong. Tapi kalo pake udang malah takutnya makin terasa gurih. Padahal dari terasi sama ebi aja udah terasa gurih banget. 

Bahan-bahan Mie Goreng Malaysia ini gampang aja, kok. Semua pasti ada di pasar tradisional. Hayu atuh, kita eksekusi resepnya! 

Bahan untuk diblender

Bawang putih 4
Bawang merah 3
Cabe kering 3
Cabe keriting 8
Terasi 1 bungkus
Ebi 2 b bungkus
Minyak goreng 1 sdm

Bahan Mie Goreng Malaysia

Mie basah secukupnya
Bakso ikan 5 butir, dibagi 4
Daging ayam secukupnya, dipotong dadu
Sayur kol 3/4 bagian
Kecap asin 2 sdm makan
Kecap manis secukupnya
Garam (opsional) 
Gula
Air putih

Cara memasak :

Cara masaknya gampang banget. Setelah semua bahan yang diblender siap, kamu tinggal menumisnya dengan minyak secukupnya. 

Setelah tumisan berbau harum, masukkan potongan daging ayam. Masak sampe setengah mateng ayamnya. Terus masukkan bakso ikan dan sayur kol. 

Masukkan mie basah sambil ditambahi sedikit air. Tambahkan kecap asin dan kecap manis. Aku anjurkan jangan menambahkan dulu garam sebelum airnya surut. Soalnya gurih dari terasi sama ebinya udah cukup asin. 

Setelah air surut boleh ditambahkan garam dan gula biar rasanya pas. Mie Goreng Malaysia ini emang rasa gurihnya tajem banget. Padahal terasinya udah aku kurangin jadi 1 bungkus. Aslinya sih pake 2 bungkus. 

Rekomennya, mie ini lebih enak dimakan panas-panas. Kalo udah dingin rasa terasinya tajem banget di lidah hehe. 

Oke, selamat mencoba dan semoga ketagihan yah. Salam sendok dan garpu dariku yang enggak pinter masak. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beberapa Penyebab Alergi Menikah

Black Beauty - Review Novel

Beberapa Kebaikan Bersahabat dengan Kucing