Asyiknya Jalan Kaki

What? Jalan kaki? Kayaknya dunia runtuh kalau ada kegiatan berjalan seperti ini.  Dua kata itu memang makin jarang saja dilakukan dewasa ini. Padahal jalan kaki itu kegiatan yang menyenangkan. 

Saya tidak asal bicara, kebetulan juga memang suka jalan kaki. Ketika saya serius, jalan kaki ini akan jadi kegiatan rutin pada waktu dan jam tertentu. Tapi ketika saya hanya ingin santai menghirup udara di luar rumah sekaliam membakar kalori, maka jalan kaki ini bisa saya lakukan kapan saja. 

Saya bisa melakukannya di pagi hari, bisa juga sore atau malam hari. Enaknya memang seperti ini, tidak ada sebuah keharusan yang mengekang untuk melakukan jalan kaki. 

Bisa saja saya pagi hari mau pergi ke pasar. Nah, sambil menghirup udara segar, saya pasti ke pasar dengan jalan kaki. Pulangnya opsional, bisa jalan kaki lagi atau naik angkot. Rata-rata memang saya berjalan sekitar 1-2 kilo. Jangan heran yah, karena jalan kaki itu banyak manfaatnya, terutama bisa melihat dan menemukan hal-hal baru. 

Untuk kamu yang hobinya jalan kaki juga pasti setuju dengan pernyataan saya di atas. Ketika berjalan kaki, kamu akan bertemu orang-orang baru yang sehobi. Atau bisa juga bertemu dengan orang yang sedang berolahraga pagi. Kalau saya sih seringnya ngobrol dengan ibu-ibu yang sedang belanja sayur, atau nongkrong di warung kopi. 

Enaknya jalan kaki itu kamu bisa menemukan hal-hal yang bisa terlewat begitu saja ketika naik kendaraan. Kalau dibuat poin-poin, keuntungan jalan kaki itu seperti berikut ini. 

1. Menghilangkan pikiran jenuh, soalnya otak kita jadi refresh karena pergantian suasana. 

2. Menghindarkan dari stres, kalau jalan kaki kita jadi keluar rumah. Stres bisa terpicu juga dari diam di sebuah ruangan dalam waktu yang lama. 

3. Banyak teman dan kenalan baru, biasanya waktu jalan kaki itu kita ketemu banyak orang. Nongkrong lalu kenalan kesana-sini, malah bisa berlanjut juga dengan berbagi informasi. 

4. Jadi tahu tempat-tempat kuliner yang tersembunyi, soalnya waktu jalan kaki apalagi pagi hari pasti kita juga sambil nyari sarapan. Nah, biasanya kita bakal menemukan tempat kuliner yang tidak umum.

Kolak candil waktu jalan kaki siang



5. Bisa jadi penyaluran hobi foto-foto, biasanya saya selalu mengambil foto bunga atau hal yang dianggap unik ketika jalan kaki. 

Jepretan kamera hape waktu jalan kaki



6. Menimbulkan banyak ide, karena otak jadi segar, ide pun banyak bermunculan. Bahkan kejadian-kejadian sewaktu jalan kaki bisa dijadikan bahan tulisan. 

7. Membuat tubuh sehat dan bugar, apalagi kalai jalan kakinya rutin. Paling sedikit 20 menit setiap hari. Efek lainnya badan jadi ringan dan bisa jadi menguruskan juga. 


Saya yakin, banyak sekali sisi positif lainnya dari jalan kaki, dan tiap orang pasti beda pengalamannya. Tapi beberapa poin di atas pasti pernah dialami kamu. Berjalan kaki memang aktifitas yang mudah dan ringan dilakukan, nyaris tanpa biaya sama sekali. Kecuali kalau tidak tahan godaan dan jajan ini itu. 

Pastinya, saya menganggap kegiatan ini sebagai salah satu cara untuk Me Time. Sebuah kegiatan untuk memberikan reward pada diri sendiri juga. Jalan kaki membuat dunia kita jadi berbeda, karena melihat banyak sisi baru dari sudut yang lebih lambat dan sederhana dibanding ketika naik kendaraan. 

Apalagi sekarang ada grup jalan kaki tempat saya bergabung. Grup Tanos, diawali dari challenge jalan kaki teratur selama 30 menit. Walaupun termasuk yang lelet update kegiatan di grup, saya senang karena ada teman-teman yang satu hobi. 

Nah, sekarang, kapan kamu mau mulai jalan kaki? 


Posting Komentar

1 Komentar

  1. Waah gabung di tanpa juga mba ;). Aku jg , tapi aku ikutan reading challenge nya.

    Sbnrnya jalan kaki aku suka. Tapi memang sejak pandemi jujurnya aku udh jrg kluar rumah. Olahraga diganti jd indoor workout.

    Kalo sdg traveling, trutama ke negara yg sdg winter, aku prefer jalan kaki kemana2. Krn udara yg sejuk, bikin ga cepet capek, dan jalan kakinya ga berasa udh jauuuh aja :p.

    BalasHapus

Halo, dilarang spam yah. Maaf, kalau ada komentar tidak pantas mimin bakal langsung hapus.