Jadikan Momen Ramadan Untuk Menggali Potensi Diri

Jadikan Momen Ramadan Untuk Menggali Potensi Diri

 

para ibu tunggal

Masa sulit seorang wanita adalah ketika dirinya harus hidup sendirian sekaligus menjadi tulang punggung keluarga. Bagi mereka yang memiliki pekerjaan tetap mungkin kesulitan seperti ini masih dapat teratasi. Tapi bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki pekerjaan? Terutama mereka yang asalnya memiliki pekerjaan, tapi kemudian terkendala masalah sehingga akhirnya terpaksa harus mencari sumber penghasilan lainnya.

Seperti halnya yang saya alami beberapa bulan terakhir ini, sungguh sebuah perjalanan panjang berusaha bertahan hidup di tengah masa pandemi seperti ini. Masa dimana hampir semua orang juga merasakan kesulitan yang sama. Pemutusan hubungan kerja banyak terjadi dimana-mana. Bahkan para pedagang juga menjerit karena usahanya menurun. Daya beli masyarakat memang turun drastis karena imbas pandemi, dan ini mempengaruhi sektor perekonomian.

Waktu pertama kali terkena PHK yang muncul di pikiran saya adalah bagaimana caranya bisa bertahan hidup. Akhirnya berbagai macam usaha kecil-kecilan saya lakoni, mulai dari jualan online coklat-coklat yang gagal hingga jualan masker. Kebetulan juga tetangga saya ada yang suka membuat pempek, bakso tahu, berikut juga tekwan. Karena butuh pendapatan, saya pun mencoba menawarkannya secara online.

Beruntung ada JNE Sameday, jadinya pengiriman makanan basah tidak lewat dari 24 jam. Makanan basah bakso tahu seperti itu memang riskan cepat basi, jadinya kemasan dan ekspedisi untuk pengirimannya juga harus diperhatikan sebaik mungkin. Untuk pengemasan makanan basah biasanya saya melakukan pembekuan dahulu di freezer. Setelah itu makanan beku dibungkus plastik lalu dimasukkan ke dalam dus lagi.

Untuk menghindari air yang menetes dari makanan beku, saya pun menambahkan bubble wrap pada bungkusannya. Demi menjaga kualitas makanan yang akan dikirimkan, saya memilih JNE. Selama ini pelayanan JNE selalu memuaskan, dan sekarang terbukti juga dengan layanan pengirimannya yang tepat waktu sehingga memudahkan para pelaku UMKM seperti saya ini.

Khusus untuk bulan ramadan ini, saya berencana untuk optimasi outlet Go Food yang selama ini terkatung-katung. Jadi di awal kena dirumahkan, saya juga membuat outlet Go Food lewat online. Karena waktu itu hingga kemarin kesibukan saya terbagi-bagi, jadinya outlet tersebut terbengkalai. Di bulan Ramadan ini saya berencana hendak mengubah beberapa menunya dan membetulkan titik oulet di maps. Menu nasi goreng cumi dan udang jadi pilihan saat ini, menu mie goreng Malaysia tetap saya pakai. hanya saja mie yang digunakan jadi tidak mie basah lagi, diganti mie telur.

Kemarin dulu sempat ada yang memesan, katanya titiknya tidak sesuai dengan yang ada di maps. Memang saya pelaku baru UMKM, jadinya masih meraba-raba jenis usaha yang cocok untuk dijalani. Tapi insya Allah, berdagang adalah salah satu yang diajarkan Rasulullah, semoga juga menjadi berkah bagi saya dan keluarga.

Selain itu, mengusung status saya sebagai single mom, dan kebetulan juga senang menulis. Pada bulan Ramadan ini saya ingin jadikan sebagai momen kebangkitan dan menuliskan kisah-kisah perjuangan para ibu tunggal. Menjadi seorang ibu sekaligus tulang punggung keluarga itu tidaklah mudah. Apalagi tidak semua single mom seberuntung ibu tunggal lainnya. Banyak dari mereka yang harus kerja serabutan demi menghasilkan rupiah.

Karena kebetulan selain dari berdagang, saya juga mendapat penghasilan dari menulis artikel-artikel. Karena basic penulisnya fiksi, jadinya di ramadan ini inginnya dijadikan titik awal membuat outline, dan mulai menulis beberapa kisah yang bisa diangkat ke dalam buku. Perjuangan para ibu tunggal yang tidak main-main dalam menjalani kehidupan bisa dijadikan cerminan bagi para kaum ibu.

Banyak dari merekan yang jadi pelaku UMKM juga, mulai dari usaha warungan hingga pelaku bisnis yang sudah sangat mapan. Cerita-cerita perjuangan mereka saya yakini bisa jadi motivasi untuk kaum wanita lainnya. Semoga ramadan ini menjadi momen penuh kebaikan bagi kita semua. Sebuah momen kebangkitan, dan menanamkan kepercayaan pada diri sendiri jikalau jalan itu selalu ada setiap ada kemauan.


#JNE #JNERamadhan2021 #BlogBerkahramadhanantarkankebahagiaan #Bahagiabersama

Posting Komentar

0 Komentar