Berpetualang Bareng Teman Hidup Traveloka di Little Africa in Java

Berpetualang Bareng Teman Hidup Traveloka di Little Africa in Java

blog-cerita-kita


“Ini di mana? Ini savana kan? Ih, kamu keluar negeri ta?” berondongku pada teman hidup sembari memelototi foto-foto di hapenya. Lucunya dia cuma manggu-manggut saja. Alhasil, tambah penasaran dong diriku ini. Ditambah lagi sewaktu aku menemukan foto dirinya dengan rusa. Ada juga gambar yang diambil dengan background pohon kering di waktu senja. Benar-benar sukses membuat rasa ingin tahuku memuncak.

“Itu di Afrika,” selorohnya.

“Hah? Serius?”

“Itu di Afrika,” selorohnya.

“Hah? Serius?”

Eh, dia malah tertawa-tawa. Sampai akhirnya aku mendapatkan informasi juga setelah dengan ketelatenan tinggi menginterogasinya. Ternyata dia tidak bohong. Foto-foto itu memang di Afrika ... Afrika rasa Indonesia. Sungguh luar biasa alam negeri ini hingga pesonanya ada yang mirip dengan Afrika. Taman Nasional Baluran sanggup memerangkap jiwa petualanganku. Hingga aku berencana untuk bacpacker ke tempat wisata tersebut.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran berada di Jalan Banyuwangi – Situbondo km 35, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih. Beruntung lokasinya berada di Jawa Timur, jadi tidak terlalu jauh dari tempat tinggal sekarang. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 25 ribu hektar. Wow, gimana caranya aku menjelajah taman seluas ini? Yang pasti harus searching tempat menginap dari sekarang. Karena gaya rekreasiku itu ala backpacker, booking hotel murah pun jadi sebuah kewajiban. Dengan low budget juga liburan bareng teman hidup pasti tetap menyenangkan. Apalagi tempat tujuannya seindah Taman Nasional Baluran.

Little Africa in Java adalah sebutan untuk Savana Bekol. Pemandangan eksotis bisa dinikmati dari padang rumput seluas 10 ribu hektar dengan backgroud Gunung Baluran ini.  Di savana ini juga bisa ditemukan banyak rusa. Sebelum masuk ke kawasan savana kita harus melewati dahulu hutan musim dan hutan evergreen. Hutan musim memesona dengan rimbun hijaunya di musim penghujan. Sedangkan di musim kemarau, kondisi gersangnya tampak sangat eksotis. Dua suasana seperti ini jelas membuat penasaran. Hutan Evergreen seperti hutan hijau abadi. Sangat wajib bagi pengunjung untuk menikmati kesejukan hutan ini.

 Pantai Bama merupakan kawasan terakhir dari taman ini. Di pantai Bama banyak terdapat kera ekor panjang. Pantai ini juga dikenal dengan airnya yang jernih beserta hamparan pasir putih. Uniknya, pantai ini dikelilingi oleh tumbuhan mangrove. Wow, tambah penasaran saja aku nih. Kebetulan juga belum pernah jalan ke hutan bakau. Dan aku ingin tahu seperti apa hutan bakau itu. Fasilitas di pantai Bama juga sangat lengkap. Tempat makan dan istirahat, kamar bilas, juga tempat penginapan. Omong-omong tentang tempat menginap, aku langsung searching di Traveloka, dan menemukan beberapa pilihan hotel yang bagus.

 


Untung ada Traveloka jadi aku bisa mencari hotel seperti yang diinginkan. Kebetulan ada beberapa pilihan tempat menginap yang sesuai di lokasi taman nasional ini. Hotel dengan harga murah jadi pilihan utama. Pastinya aku butuh waktu lebih dari satu hari untuk menjelajah tempat wisata seluas taman nasional ini. Jadinya mencari hotel dengan harga sesuai budget adalah kewajiban. Traveloka memudahkan sekali aku untuk mencari informasi hotel dan tempat staycation. Fitur filternya juga memudahkan pencarian. Beberapa pilihan hotel yang sesuai budget dan kebutuhan dalam waktu singkat bisa didapat berkat fitur ini.

O,ya. Taman Nasional Baluran juga memiliki spot wisata menarik lainnya. Selain habitat dari fauna kerbau, banteng, rusa, kera, lutung, merak, dan burung. Taman ini juga memiliki Gua Jepang, Sumur Tua, Curah Tangis, Dermaga, Manting, Kramat, Balanan, Kajang, Talpat, Lempuyang, Bilik, Kacip, Sejileh, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, dan Candi Bang. Benar-benar paket komplit tempat wisata ini. Mumpung pandemi sudah berlalu, sudah saatnya kita melipat semua kecemasan, dan membebaskan diri dari kepenatan. Sudah saatnya melihat dunia lagi, staycation lagi, liburan lagi bareng Traveloka hotel.

Kenapa Taman Nasional Baluran?



Yang jelas aku sangat penasaran dengan taman nasional ini. Terlebih lagi karena kaget juga baru tahu ada tempat wisata seperti ini di Indonesia. Ternyata negara ini memang zamrud khatulistiwa dan memiliki banyak tempat yang memesona. Hanya saja ada tiga alasan utama kenapa aku memilih Taman Nasional Baluran;

Tempat wisata yang komplit untuk yang senang berpetualang

Aku langsung jatuh cinta begitu melihat foto-foto teman sewaktu dia ke taman ini. Setelah mencari tahu informasinya secara mendetail jadi semakin suka dan bertekad harus pergi ke Taman Nasional Baluran. Tempat wisata ini bisa mengakomodasi mereka yang senang berpetualang di alam bebas. Satwanya yang beragam, jenis hutan yang bermacam-macam, ditambah lagi ada pantai. Benar-benar komplit bukan? Sangat yakin taman nasional ini akan bisa memuaskan dahagaku yang menyukai aktivitas alam terbuka.

Pantai selalu jadi tempat favorit untuk berwisata. Pantai Bama yang masuk ke dalam kawasan taman nasional ini jadi salah satu alasanku untuk berkunjung. Selain pasir putihnya, aku juga ingin melihat beberapa macam satwa yang ada di pantai ini. Katanya kera ekor panjang banyak di pantai ini, dan aku ingin tahu seperti apa satwa ini.



Memiliki Little Africa in Java

Sebuah keajaiban bisa menikmati keindahan Afrika di tempat ini. Luar biasa bukan savana yang dimiliki taman nasional ini? Latar belakang Gunung Baluran pasti sangat menambah eksotisme keindahan alam di padang rumput. Dan aku sangat ingin jadi bagian dari savana ini, menikmati setiap jengkal keindahannya. Sejujurnya aku bangga ada tempat seindah ini di negara kita. Dan aku ingin mengenalkan pada dunia dalam bentuk konten (aamiin).

Afrika memiliki pesona tersendiri di mataku. Apalagi waktu zaman masih unyu-unyu punya hobi nonton channel televisi tentang kehidupan satwa. Episode tentang satwa dengan latar belakang alam Afrika sangat menarik perhatianku. Thats so amazing i can find Africa in  Indonesia! Seperti apa rasanya menikmati keindahan Afrika di Baluran? Untuk merasai eksotismenya berarti aku harus ke taman nasional ini.

Bacpacker Ala Gue

Cita-cita terbesarku adalah mengenalkan tempat-tempat indah dan beragam budaya yang dimiliki Indonesia. Berpetualang ke Taman Nasional Baluran jadi salah satu plot yang sudah aku tulis dalam outline. Menuliskan pengalaman, mengenalkan budaya lokal tempat yang dikunjungi, dan mengisahkan tempat-tempat eksotis dari tiap daerah yang disinggahi adalah mimpi yang harus jadi nyata. Menjelajah Taman Nasional Baluran adalah ladang tulisan yang luas untuk dikenalkan pada dunia.

 

Taman nasional Baluran menurutku merupakan aset wisata yang patut dibanggakan dan dirawat. Well, keindahan alam Indonesia memang takkan pernah habis untuk dieksploitasi. Little Java in Africa adalah secuil keindahan yang berhasil memasung jiwa petualanganku. Dan aku bertekad menjelajah taman ini mumpung masih muda dan sehat. Yuk, #LihatDuniaLagi dan bikin #StaycationJadi dengan Traveloka! Langsung meluncur ke Traveloka lewat link ini.

 

Sumber foto : Google

 

 

 

Posting Komentar

21 Komentar

  1. Keren banget ternyata Taman Nasional Baluran ini ya mbak. Semoga terwujud keinginannya menjelajahi little Africa in Java bersama teman hidupnya,

    BalasHapus
  2. Taman nasional Baluran memang menyenangkan, serasa di luar negeri kalau ke sana. Kebetulan Kabupaten tetangga

    BalasHapus
  3. Berkisah di blog melalui tulisan, apalagi terus bisa menjadi referensi bagi orang banyak itu memang menyenangkan yah, kak.. btw.. fotonya kok kecil-kecil banget, ya?

    BalasHapus
  4. Baluran emang kece
    Memang layak disebut little Africa
    Aku pun ingin jalan jalan kesini

    BalasHapus
  5. Hoo saya baru dengar taman wisata Baluran ini mbak
    kece banget Sabananya. Semoga bisa terwujud impian jalan-jalan ke sana ya

    BalasHapus
  6. Bisa dapat hutan dan pantai sekaligus di Baluran. Sangat menyenangkan sekali, apalagi juga bisa melihat satwa-satwa yang ada.

    BalasHapus
  7. Bagus ya like a little Africa di Baluran ini yaa Mbak. Tempatnya juga dekat klo dari rumahnya Mba, semoga bisa ke sana yaa

    BalasHapus
  8. Boleh juga ini traveling ke Baluran menikmati suasana alamnya yang indah 🤩

    BalasHapus
  9. wahh leren yaa bisa berpetualang di alam bebas. Seru nih ke sana bersama pasangan tercinta

    BalasHapus
  10. Baluran, destinasi wisata yang sampai saat ini belum kesampaian aku sambangi. Wisatanya komplit, dari laut sampai hutan dan savana. Jadi bertanya-tanya, apakah memang letaknya di pinggir pantai?

    BalasHapus
  11. Taman Baluran ini juga udh masuk bucket listkuuu ❤️❤️. Pengen kesana road trip tapi mba. Ajakin anak2, biar mereka juga ngeliat aneka fauna di sana dan tempatnya yg persis Afrika.

    Trvlk salah satu OTA yg selalu aku cek dan pakai tiap kali traveling. Udh berkali2 dapat tiket promo ke LN ataupun domestik dr trvlk. Malah pernah bisa booking hotel gratis beberapa malam di jepang Krn pakai poinnya yg udh lama aku kumpulin mbaaa ❤️. Lumayan bgt bisa hemat akomodasi 😁.

    Trus banyak pilihan pembelian sih, sampe tiket wisata segala. Kemarin aku beli tiket masuk ke museum 9/11 di New York, Krn akhir Desember mau ke US. Jadi bbrp tiket wisata aku beli dr trvlk , 😅. Ga ribet lagi ntr di sana

    BalasHapus

Halo, dilarang spam yah. Maaf, kalau ada komentar tidak pantas mimin bakal langsung hapus.