Spesifikasi Lengkap ROG Strix Scar 16, Laptop Gaming Tercanggih



ASUS ROG Strix Scar 16 tidak hanya menjadi laptop terbaik tetapi juga tercanggih. Pasalnya, laptop ini dibekali dengan prosesor paling kencang yang dihadirkan oleh Intel hingga saat ini. Selain itu, spesifikasinya juga lengkap yang mampu mengakomodasi Anda saat bermain game dengan beragam genre sekalipun.

Spesifikasi lengkap ROG Strix Scar 16 

Laptop gaming ini dibandrol dengan harga yang mahal, yakni Rp 66.999.000. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan membelinya, penting untuk mengetahui seperti apa spesifikasi lengkapnya. Jika penasaran apa saja spesifikasinya, berikut ini adalah ulasannya:

1. Konfigurasi

Meski harga laptop ini terbilang tinggi, Anda mendapatkan spesifikasi terbaik dengan CPU Intel Core i9-13980HX, RAM DDR5 32 GB, SSD PCle Gen 4.0 1 TB, dan GPU RTX 4080 yang luar biasa dengan memori video GDDR6 12 GB.

Jika Anda membandingkan dengan versi ROG Strix Scar 18 inci, laptop ini memiliki harga yang lebih murah. Sedangkan untuk kompetitor sekelasnya harganya lebih mahal, jika Anda membandingkannya dengan Alienware m17 R5 (Edisi AMD Advantage).

2. Desain

Dengan lebar 13,9 inci dan kedalaman 10,4 inci, membuat laptop ini berukuran cukup besar. Bobotnya pun mencapai 2,6 kg sehingga kurang cocok jika Anda menggunakan laptop ini untuk mobilitas yang tinggi.

Selain desainnya yang futuristik, pada bagian atas laptop dilengkapi dengan casing alumunium sehingga memberikan kesan metalik. Kemudian terdapat pencahayaan RGB yang mengelilingi keyboard, membuat tampilan laptop ini begitu mencolok.

3. Konektivitas dan Port

Laptop ini memiliki semua port yang Anda butuhkan untuk bermain game dengan maksimal. Di sebelah kiri, terdapat jack audio 3,5 mm, dua soket USB-C, HDMI 2,1, Ethernet, dan port pengisian daya.

Kemudian, di sebelah kanan, Anda akan menemukan dua USB 3.2 Gen 2 Tipe-A. Laptop ini juga dibekali dengan WiFi 6E dan Bluetooth 5.3 untuk menghubungkan ke jaringan.

4. Layar

Resolusi layar pada laptop ini adalah QHD+ (2560x1600) dengan kecepatan refresh 240 Hz. Dengan adanya dukungan Dolby Vision HDR dan validasi Pantone, laptop ini akan memberikan Anda rasio kontras yang sangat dalam sehingga Anda bisa melihat warna dengan akurat saat bermain game.



5. Keyboard dan Touchpad

Permukaan touchpad pada laptop ini sangat lebar sehingga memudahkan Anda untuk menggunakannya. Selain itu, permukaannya pun bagus dan halus untuk digeser dengan jari Anda.

Kemudian, tombol Chiclet-nya dengan kedalaman 1,7 mm membuat Anda semakin nyaman untuk mengetik. Pencahayaan RGB pada keyboard-nya yang terang dapat menemani Anda saat bekerja maupun bermain game hingga larut malam.

6. Audio

Laptop gaming ini dilengkapi dengan audio Dolby Atmos sehingga Anda bisa mendengarkan suara bass yang halus dan pas untuk telinga Anda. Meskipun audio-nya berkualitas, sayangnya laptop ini memiliki suara kipas yang cukup besar sehingga cukup menganggu kenyamanan Anda.

7. Gaming dan Grafis

Kinerja laptop gaming ini sangat mengagumkan, ditambah lagi dengan GPU-nya yang kuat. Layar mini LED-nya yang cerah dan halus dapat menghadirkan warna yang menawan saat Anda memainkan game.
Keyboard Chiclet-nya dapat memudahkan Anda bermain berbagai jenis genre game, mulai dari game menembak hingga game stratregi. Dengan dilengkapi Nvidia GeForce RTX 4080 GPU, laptop ini bisa berjalan mulus ketika Anda memainkan game kompetitif sekalipun.

8. Performa

ASUS ROG Strix Scar 16 dilengkapi dengan CPU Intel Core i9-13980HX, RAM DDR5 32GB, dan SSD PCle Gen 4 1TB. Dengan penggunaan CPU tersebut, laptop ini mengalahkan rata-rata laptop gaming premium lainnya.

Terlebih lagi, CPU tersebut juga dipasangkan dengan NVMe SSD yang dapat mentranskode video 4K ke 1080p hanya dalam waktu 2 menit dan 50 detik saja. Dengan jumlah RAM DDR5 yang besar, maka performa laptop ini sangat cepat.

Bahkan, laptop ini masih bisa berjalan mulus meskipun tengah menjalankan 20 tab Google Chrome, pengeditan foto RAW di Photoshop, dan formula kompleks yang berjalan pada file Excel. Untuk membuat segalanya menjadi lebih cepat, Anda bisa mengaktifkan Mode Turbo.

9. Sistem pendingin

Laptop ini dibekali dengan ventilasi pembuangan tebal di bagian belakang dan samping. Dengan begitu, ini memberikan banyak ruang untuk teknologi Tri-Fan yang mampu menghilangkan panas dengan sangat baik. Meskipun sistem pendingin laptop ini bekerja keras, namun Anda tidak akan merasakan kelambatan pada kinerja laptop.

10. Webcam

Salah satu hal yang dikorbankan dari laptop gaming dengan performa terbaik adalah webcam-nya. Kualitas gambar yang dihasilkan tidak begitu tajam, bahkan jika Anda mengambil gambar dari webcam-nya, foto tersebut akan terlihat lebih soft dan memiliki banyak noise.

Itulah ulasan yang menarik tentang ASUS ROG Strix Scar 16. Dari ulasan tersebut, Anda bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya. Namun, jika Anda memang mencari laptop gaming dengan spesifikasi yang lengkap dan dibekali dengan teknologi yang canggih, laptop ini cocok untuk Anda

Posting Komentar

19 Komentar

  1. Pengen nangis rasanya. Kena racun review dari Kakak tapi apa daya dompet tak sampai

    BalasHapus
  2. jujur harus diakui kalau kamu beneran memberikan informasi detil tentang laptop ini! Suka banget dengan cara kamu menyajikan spesifikasi dan fitur-fiturnya secara rinci. Apa yang paling mencuri perhatian saya adalah keunggulan-keunggulan dari ROG Strix Scar 16 yang kamu highlight. Dari segi performa hingga desain, semuanya terlihat impressive.

    Menurut kamu, bagi gamer yang sedang mencari laptop gaming, apa fitur utama dari ROG Strix Scar 16 yang membuatnya layak dipertimbangkan? Atau mungkin ada pengalaman pribadi atau review lain yang mendukung impresi positif kamu terhadap laptop ini?

    Makasih banyak ya udah berbagi spesifikasi yang komprehensif. Semoga pembaca yang lagi cari laptop gaming bisa menemukan informasi yang mereka butuhkan di sini!

    BalasHapus
  3. Dengan bobot mencapai 2,6 kg, ukuran leptop ini mungkin kurang ideal untuk mobilitas tinggi, namun sepertinya fokusnya lebih kepada performa dan pengalaman gaming yang maksimal. #CMIIW

    BalasHapus
  4. Wii...emang keren banget ya laptop satu ini. Terima kasih sudah menuliskan detil spesifikasi nya. Jadi makin mupeng euy..

    BalasHapus
  5. Selalu mupeng dong kalau baca review laptop kayak gini. Pengen beliin suami. Pasti dia seneng banget. Semoga ada rezeki untuk beli laptop sekelas ROG kayak gini. Aaamiin

    BalasHapus
  6. Laptop kelas dewa dengan spesifikasi tinggi. Mentok kanan untuk berbagai game dan program.

    BalasHapus
  7. Aku bukan gamer. Jadi kalau beli laptop ini, kayanya terlalu mahal sih. Kan sayang kalau spesifikasi yang oke malah gak kepake di aku. Buat yang memang atlet atau pemain game, kayanya ya wajib punya ya

    BalasHapus
  8. Main Mobile Legend sama The Sims pake ini bisa betah berjam-jam kayaknya. Idaman buat yang doyan main gim.

    BalasHapus
  9. Anak jaman now sepertinya mendambakan rog ini ya. Secara spesifikasi memenuhi. Kalau buat emak blogger kaya saya sepertinya terlalu canggih, banyak fitur yg gak akan dipakai

    BalasHapus
  10. Produk asus ini memang sukses bikin mupeng lo ya. 10 tahun pakai asus g pernah kecewa sama produknya. Apalagi laptop gaming canggih dan tahan banting kaya gini. ❤️❤️

    BalasHapus
  11. Gagah banget sih laptopnya.
    Daku kebayangnya kalo kerja pakai ini bakalan bisa digeber lama nih

    BalasHapus
  12. Kalau gamers pakai laptop yang cocok pasti asyik banget main gamenya, jadi gampang gerakin chara dan tidak terganggu pas bertempoer.

    BalasHapus
  13. Laptop gaming sebagus ini, pastilah harganya segitu, agak mau nangis ya lihat harganya. Tapi ya sesuailah dengan performanya. Pemain game pasti ketar ketir pengen beli

    BalasHapus
  14. Aku beneran loo.. naksir ASUS ROG.
    Jadi rutin time to time main ke ASUS cuma buat nyobain satu per-satu dari yang paling terjangkau sampai yang paling mahal kaya ROG Strix Scar 16.

    Bahkan untuk desktopnya juga nyamaaan banget.
    Eh, justru ini menurutku yang paling nyaman sebagai yang WFH.

    BalasHapus
  15. ASUS bener bener memahami kebutuhan penggunanya ya. Kemarin ada laptop khusus pelajar, sekarang dirancang khusus buat para gamers. Teknologinya juga canggih canggih.Top buat ASUS!!!

    BalasHapus
  16. ASUS emang selalu keren sih produk laptopnya sangat mengerti apa yang diinginkan semua kalangan mulai dari speknya smpe harganya yang sesuai

    BalasHapus
  17. Gak ngebayangin sih punya ROG, pasti buat kerja was wus was wus. Kata teman yang pakai ROG, kudu pakai listrik gede biar gak tiba-tiba shock dayanya.

    BalasHapus
  18. Sangat tertarik spesifikasinya, terutama untuk main game kualitas AAA pasti keren banget!

    BalasHapus
  19. Soal keawetan battery tahan berapa lama? Apa kayak laptop kebanyakan, kalo sudah menginjak 1 tahun sudah mulai berkurang keawetannya.

    BalasHapus

Halo, dilarang spam yah. Maaf, kalau ada komentar tidak pantas mimin bakal langsung hapus.