Mau Jauh Dari Rugi? Gabung Jadi Seller di Blibli

Mau Jauh Dari Rugi? Gabung Jadi Seller di Blibli

 


Pandemi membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat. Usaha menurun, kehilangan pekerjaan, work and school from home, dan dampak lainnya. Termasuk saya sendiri yang mengalami dirumahkan dari pekerjaan. Terasa berat karena saya single fighter. Jatuh bangun saya jalani untuk bertahan hidup dan mencari pekerjaan. Menjalani dunia freelancer, jualan online, hingga buka usaha kuliner offline pernah dilakoni. Hingga kini saya mencoba usaha online yang berprospek tinggi dengan menjadi seller Blibli.

Tidak Ada Yang Salah Dengan Jualan Online

Kehilangan pekerjaan adalah hal yang menakutkan. Seperti saya yang harus menerima kenyataan dengan mulai mencari sumber uang lain. Di tengah kebingungan, saya putuskan untuk jualan online. Dari dulu saya memang reseller dari sebuah produk homemade. Awalnya dari suka dengan produknya, hingga lambat laun jadi penjual juga. Hanya saja, terjun full time jualan online adalah hal yang baru sama sekali untuk saya. Mencari produk yang akan dijual dan target pasar ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama.

Di awal berjualan, rata-rata customer hanya mengintip status saja. Seiring waktu, mulai ada beberapa yang menanyakan produk dan melakukan pemesanan. Tidak ada yang instan, semua hal membutuhkan proses. Demikian juga dengan jualan online. Saya harus rajin mencari produk dan target penjualan yang baru. Dengan kata lain harus selalu update agar konsumen tidak bosan dan punya banyak pilihan. Dari jualan online ini saya jadi mengenal dropshipper dan reseller.

Karena ingin berkembang dan lebih terarah, saya membuka toko juga di e-commerce. Ternyata menjalankan toko online tidak semudah yang diperkirakan. Tetap harus memakai strategi pemasaran yang tepat agar tidak kalah bersaing. Hingga saya pernah sampai di satu titik terjenuh dan memutuskan untuk membuka usaha kuliner offline. Kembali kejadian serupa terulang ketika menjalankan usaha offline ini. Tetap saja harus ada strategi marketing dan juga target pasar yang tepat. Terlebih lagi harus memiliki ketelatenan tinggi menjalankan usaha. Kesimpulannya, saya membutuhkan arahan dan bimbingan untuk marketing.

Daftar Blibli Seller

Pucuk dicinta ulam pun tiba, informasi saya dapatkan dari seorang teman tentang 11th Aniversary Blibli. Katanya, sangat disayangkan kalau sampai melewatkan momen yang bisa mendongkrak penjualan seperti ini. Saya kemudian mendapat link kode referral untuk memudahkan membuka toko di Blibli Seller. Ketika link tersebut diklik, langsung masuk ke Laman awal pendaftaran. Sebelumnya, ada baiknya menyiapkan email dan nomor telepon yang akan digunakan untuk mendaftar.

 

Blibli dan Blibli Seller

Blibli sebenarnya sudah tidak asing bagi saya. Blibli merupakan e-commerce buatan lokal yang fokus bisnisnya model B2B, B2C, dan B2B2C (Business to Business to Consumer). Mal online terbesar ini menawarkan berbagai produk pilihan berkualitas yang disediakan lebih dari 100.000 mitra usaha. Blibli bertujuan memberikan kenyamanan dan kepuasan belanja dengan layanan Customer Care-nya. Adapun Blibli Seller adalah para penjual yang memiliki toko dan tergabung di Blibli. Sedangkan aplikasi Blibli Seller digunakan para penjual untuk lebih memudahkan upload produk, promo, mendapat berbagai info di pusat edukasi, analisis toko, komunikasi dengan Seller Centre, dan lainnya.

Alur Membuka Toko Di Blibli Seller

Saya langsung semangat begitu mendapat informasi tentang Blibli dan keuntungan jadi Blibli Seller. Apalagi momennya tepat sekali, 11th  Aniversary Blibli, yang notabene pasti banyak promonya untuk seller. Cara membuka toko di Blibli Seller juga mudah, tinggal klik link  ini. Sebelumya siapkan dahulu berbagai kelengkapannya seperti data diri, email, nomor telepon, kartu identitas berupa KTP dan NPWP. Saya mendaftar melalui link kode referral untuk membuka toko sekaligus daftar Seller Blibli. Berikut alurnya:

Siapkan informasi seller, siapkan nama, email, password, nomor telepon aktif, dan nama toko. Untuk nomor telepon, masukkan nomor pribadi untuk perorangan. Sedangkan untuk perusahaan bisa dimasukkan nomor pemiliknya.

Lengkapi informasi penjualan, setelah terdaftar bisa melengkapi informasi penjualan. Informasi toko atau gudang, informasi pembayaran dan legal, dan upload produk setelah direview tokonya oleh Blibli.

Siapkan dokumen seller, dokumen yang perlu disiapkan berupa nomor rekening aktif, KTP dan NPWP. Untuk seller perusahaan perlu disiapkan, KTP direksi, NPWP perusahaan, Akta Pendirian + SK Menkeh, Akta Perubahan, SIUP, TDP dan Surat Domisili.

Setelah semua disiapkan tinggal lanjut daftar jadi seller Blibli, berikut caranya:

Masuk ke Laman register, isi kolom-kolom informasi. Isi dengan negara tempat tinggal, nama, email, nomor telepon, nama toko, dan kata sandi.

Centang saya menyetujui syarat & ketentuan, centang setelah semua kolom informasi diisi lengkap.

Klik daftar.

 

Selanjutnya tinggal mengikuti langkah-langkahnya, seperti upload KTP dan NPWP, selfie dengan KTP, dan review toko. Setelah mendaftar dan menyelesaikan kelengkapan legal, toko saya membutuhkan waktu 4 hari untuk review. Setelah review, baru produk-produk bisa di-upload. Oh, ya. Ada tugas-tugas yang harus diselesaikan untuk mendapatkan saldo Biiklan gratis bagi seller baru. Biiklan merupakan fitur penjualan produk agar dapat lebih dikenal konsumen. Dengan iklan, produk kita akan sering muncul dan tentunya dapat menjangkau serta menarik pembeli lebih cepat.

 

Pengalaman Jadi Blibli Seller dan Jualan Online

Saya membuka toko lewat web dengan menggunakan kode referral. Begitu semua informasi telah diisi dan klik daftar, saya sempat mendapat kesulitan karena ternyata harus tetap upload foto NPWP (waktu itu saya sempat lupa menyimpan kartunya di mana). Namun jangan khawatir, untuk yang belum memiliki NPWP bisa upload foto KTP lagi di kolom isiannya. Kesulitan kedua ketika selfie dengan KTP. Kamera selalu gagal terbuka, ada kemungkinan juga karena sinyal. Pasalnya, tak lama kemudian ada notifikasi di aplikasi Blibli Seller, toko sedang di-review. Jadi saya menyimpulkan kejadian tersebut memang akibat kendala sinyal.

Ada kemungkinan, karena tidak bisa dipastikan selfie-nya berhasil atau tidak, review toko saya membutuhkan waktu 4 hari. Untuk produk belum bisa di-upload selama menunggu review toko. Hari ke-4 ada pemberitahuan di aplikasi kalau produk sudah bisa ditayangkan. Hanya saja waktu itu saya belum membuat perincian produk. Blibli sempat kontak saya karena belum upload produk juga. Mereka menanyakan barangkali ada kesulitan dalam prosesnya. Ternyata ini keuntungan daftar menggunakan kode referral, toko jadi ter-tracking oleh Blibli. Lagi-lagi saya mendapat telepon dari Blibli ketika baru upload 3 produk di toko. Blibli menawarkan bantuan upload produk pada saya. Pengalaman ditelpon itu makin membuat saya yakin telah memilih e-commerce yang tepat. Pasalnya, saya termasuk seller yang membutuhkan bimbingan dalam optimasi toko juga pemasaran.

notif di email 

Setelah review toko selesai, ada tugas-tugas yang harus diselesaikan seller dengan benefit saldo Biiklan gratis. Upload produk adalah salah satu tugasnya. Untuk upload produk, ada beberapa poin yang harus disiapkan terlebih dahulu. Tujuannya untuk memudahkan sewaktu mengisi kolom-kolom. Untuk upload produk harus sudah disiapkan nama, kategori produk, stok, harga, ukuran, varian, dsb. Memilih ekspedisi pengiriman, menentukan ukuran dan berat produk yang akan dikirimkan juga termasuk di dalamnya.

 

produk pertama yang di-upload

notif produk berhasil tampil

produk baru bisa upload setelah ada notif ini

Keuntungan Jadi Blibli Seller

Menjadi seller di Blibli banyak sekali keuntungannya. Untuk seller baru, setelah review toko selesai bisa upload produk, dan produk tersebut langsung tayang. Selain itu, mendapatkan pula saldo Biiklan gratis hingga Rp. 5.400.000. Saldo tersebut secara bertahap sesuai dengan tugas yang diselesaikan. Saldo Biiklan digunakan untuk meningkatkan traffic toko. Di aplikasi Blibli seller juga terdapat beberapa fitur yang manfaatnya terasa sekali oleh saya. Fitur pusat edukasi sangat membantu saya mendapatkan info optimasi toko serta cara memasarkan produk.

 

Fitur-fitur Di Aplikasi Blibli Seller

Ada beberapa fitur di aplikas Blibli seller. Salah satunya, selain fitur bagikan di media sosial, yang jadi favorit saya adalah fitur pusat edukasi. Fitur bagikan di media sosial berguna sekali untuk promosi toko saya secara lebih luas. Oh, ya. Segala informasi mengenai Blibli bisa didapatkan pula di akun media sosial Instagram @blibliseller , Tiktok @blibliseller . Di fitur pusat edukasi saya mendapatkan banyak ilmu baru mengenai optimasi toko, produk dan pemasaran.

Berbagai fitur di App Blibli seller

fitur pusat edukasi favoritku


Fitur Pusat Edukasi mencakup beberapa fitur di dalamnya seperti, Mulai berjualan, Berita terbaru, Pembayaran & retur, Manajemen operasional toko, Pengembangan usaha dan Promosikan toko

 

Kejutan datang di minggu pertama produk tersedia di toko saya. Saya yakin ini pasti karena pengaruh Aniversary Blibli. Ada satu pesanan sprei rumbai yang masuk. Karena saya reseller, jadi tidak langsung klik buat paket. Pertama, saya cek dahulu ketersediaan stok produk di agennya. Kemudian saya mencari informasi mengenai pengantaran paket ke Customer Care. Yang jadi pertanyaan saya adalah, paket di-pickup ke tempat saya, atau saya mengantarkan ke ekspedisi yang ditunjuk.

pesanan pertama


Sayangnya, masih belum rezeki, stok di agen kebetulan kosong untuk varian yang dipesan. Untuk pesanan yang tidak diproses seller akan ter-cancel otomatis setelah 3 hari. Namun, untuk menjaga kredibilitas toko, ada baiknya memberikan feedback pada customer. Mengonfirmasi kalau produk yang dipesan sedang kosong.

Setelah kejutan yang menyenangkan ini, saya jadi bersemangat untuk mengoptimasi toko. Harga-harga kembali saya cek, demikian juga dengan foto produk. Saya juga mulai mempelajari lebih detail tentang Biiklan. Soalnya sayang sekali benefit saldonya apabila tidak digunakan untuk promosi toko. Timbal balik dari berbagai optimasi tersebut, saya harus siap apabila ada order yang masuk. Termasuk stok barang harus ready agar customer tidak kecewa.

 

Menjadi bagian dari Blibli seller adalah keberuntungan untuk saya. Banyak ilmu tentang marketing yang memang dibutuhkan, saya dapatkan di sini. Membangun usaha memang tidak semudah membalikkan tangan. Nikmati saja prosesnya, karena belajar untuk lebih baik itu memang takkan pernah berhenti. Apalagi ini ilmu tentang strategi bisnis yang tepat untuk usaha kita. Memiliki toko dan menjadi seller di Blibli sudah pasti banyak untungnya. Jadi, tunggu apalagi? Siapkan produkmu, dan segera daftar jadi seller!

 

 

Posting Komentar

17 Komentar

  1. Wah enak banget ya jadi seller di Blibli caranya mudah dan aku juga dulu pernah belanja di Blibli cepet nyampe

    BalasHapus
  2. enak ya mba jadi seller blibli, mudah dan banyak promonya juga

    BalasHapus
  3. Blibli jadi solusi untuk bisa cuan nih. Selain menguntungkan customer karena aplikasinya ok, juga menguntungkan seller dengan segala fiturnya ^^ semoga seller pada laris maniiiiis dan para cust pada puas.

    BalasHapus
  4. Langkah-oangkah jadi Blibli seller cukup mudah ya.. Semangat mbak, semoga makin rame yang beli dan makin cuan

    BalasHapus
  5. Mantap banget bisa dapat modal untuk iklan dan naikin traffic toko ya di Blibli. Semoga makin cuan ya mba usahanya...

    BalasHapus
  6. Asal telaten dan rajin, insya Allah jualqn online juga sangat menguntungkan ya Mbak. Bisa menutup banyak kebutuhan. Belum punya akun nih saya di blibli.

    BalasHapus
  7. Sebagai penjual online, saya setuju bahwa tidak ada yang instan, semua itu ada tantangan dan perjuangan. Kalau jualan online itu mudah, mungkin semua orang jualan dan tidak ada yang bekerja di kantor lagi. Saya udah jualan di sebuah marketplace, semoga nanti bisa buka cabang di Blibli. Makasih infonya kak.

    BalasHapus
  8. Cara menjadi reseller gampang banget ya di Blibli. Step by stepnya jelas. Pastinya juga bisa memberikan kesempatan orang untuk menambah pundi dengan plaftform e-commerce yang satu ini.

    BalasHapus
  9. Prosedur menjadti Reseller di Blibli sangat mudah ya trnyata aku dari dlu kepngen coba2 jualan online tapi masih ragu2 mikir mau jualan apa dll dan mikir ribet nih eh trnyata gk serepot pikiranku di BliBli adalah solusinya

    BalasHapus
  10. Jadi Blibli Seller banyak untungnya ya mbak. Alhamdulillah mbak pun sudah memetik keuntungannya. Semoga lancar terus dan sukses ya mbak.

    BalasHapus
  11. aku belum coba daftar di Blibli nih, kayaknya mesti banyak cari tau juga biar jangkauannya makin luas. hihi tapi sukses terus mbak buat usahanya :D

    BalasHapus
  12. Benar2 terpercaya ya di Blibli, akses buat seller juga dimudahkan banget sehingga buat para seller pemula gak perlu khawatir lgi karena memang fitur layanannya menarik skli

    BalasHapus
  13. Jadi reseller selain tambah pengalaman soal bisnis banyak pengetahuan juga ya yang didapat, apalagi bareng Blibli yang mendukungnya

    BalasHapus
  14. Pandemi memang berat bagi banyak orang hiks. Salut mbak melakoni banyak pekerjaan. Mudah ternyata ya daftar jadi seller blibli. Semoga lancar ya toko online nya

    BalasHapus
  15. Aku pernah jualan di Blibli juga dan dapat penjualan pertama. Sekarang lebih gampang sih ketimbang yang dulu. Daftarnya mudah.

    BalasHapus
  16. Banyak keuntungannya ya dengan join bareng Blibli ini. Cara daftarnya juga mudah. Makin untung nih kalau kadi seller dan jualan di Blibli

    BalasHapus
  17. Benar banget
    Kalau jualan online memang baiknya bergabung di Blibli ya mbak
    Pasti banyak untungnya

    BalasHapus

Halo, dilarang spam yah. Maaf, kalau ada komentar tidak pantas mimin bakal langsung hapus.