Review Novel Cerita Ade Karya Nia Ramadhani

Review Novel Cerita Ade Karya Nia Ramadhani

Blog-Cerita-Kita

 

Novel Cerita Ade adalah sebuah buku tentang refleksi perjalanan hidup Nia Ramadhani. Kasus kepemilikan narkoba yang pernah menjerat aktris cantik ini begitu sangat mengejutkan. Termasuk saya sendiri. Bagaimana tidak? Karir aktris penuh talenta ini tampak begitu mulus. Belum lagi kisah percintaannya yang berakhir bahagia di pelaminan bersama Ardi Bakrie. Sebenarnya ada kisah apa dibalik peristiwa kasus narkoba tersebut? Kisah dalam Novel Cerita Ade menjawab semua rasa penasaran itu.

 

Review Novel Cerita Ade

Judul               : Cerita Ade

Penulis             : Nia Ramadhani

Editor              : Pidi Baiq

Cetakan           : 1 (satu), November 2022

Penerbit           : The Panasdalam Publishing

Halaman          : 182 halaman

 

Novel Cerita Ade menceritakan perjalanan hidup Nia Ramadhani dari kecil hingga saat terjerat kasus narkoba. Nia yang tertangkap, disusul suaminya Ardi yang menyerahkan diri, pada akhirnya keduanya harus menjalani rehabilitasi di FAN Campus, Bogor, Jawa Barat. Nia mendapatkan banyak pelajaran selama menjalani rehabilitasi. Termasuk terkuaknya kisah masa lalu yang menyebabkan dirinya terjerat narkoba.

Cerita Ade

Cerita masa kecil Ade berbeda dari cerita anak lainnya. Ade lahir pada tahun 1990 di Jakarta. Papa dan Mama Ade masing-masing membawa anak dari pernikahan terdahulu. Papa membawa 3 anak laki-laki, sedangkan Mama membawa satu anak perempuan. Ade tinggal bersama salah satu kakaknya, Kak Daffa, bersama Papa dan Mama. Anak dari Mama, Kak Tita tinggal bersama Oma.

Ade kecil sering melihat orangtuanya bertengkar. Papa dan Mama memang tidak harmonis. Sepertinya ada permasalahan serius di antara mereka yang tidak dapat dipahami Ade yang masih kanak-kanak. Hanya saja ada beberapa momen yang diingat Ade. Seperti gelas yang dilempar oleh Papa hingga mengenai punggung Mama. Dan Ade harus membantu Mama untuk mencabuti serpihannya. Hingga kemudian segalanya berjalan serba cepat. Tahu-tahu Ade sudah pindah ke rumah Oma dan mau tak mau harus berbagi kamar dengan Kak Tita.

Kegigihan Mama

Novel Cerita Ade juga menceritakan sosok Mama yang harus membesarkan kedua anaknya sendirian. Mama sangat gigih dan ingin kedua putrinya maju. Karena itu pula Ade dan Kak Tita dimasukkan ke sanggar tari. Sayangnya, Ade merasa tidak berbakat menari. Berbeda dengan Kak Tita yang berkembang pesat hingga tampil di berbagai acara. Mama sangat mendukung kemajuan KakTita, mengantarnya tampil dimana pun juga, walaupun mengendarai mobil butut.

Ade juga pernah tampil beberapa kali menjadi penari latar. Keberuntungannya mulai terbuka ketika ia diajak untuk syuting Saras 008. Walaupun hanya pemain figuran dan nyaris tak terlihat dalam scene film-nya, tapi Saras 008 adalah debut pertama Ade yang kelak mengantarnya menjadi aktris terkenal.

Karir Ade

Mama memang hebat. Dukungan pada kedua anaknya terus mengalir. Bahkan Ade kini jadi bintang iklan pula. Ternyata menjadi terkenal tidak mudah bagi Ade. Ia harus menerima pujian sekaligus juga cemoohan dari mereka yang salah menilai dirinya. Disinilah peran Kak Tita sebagai kakak mulai terbukti. Ada masanya ketika Kak Tita turun tangan dan melabrak teman yang mengganggu Ade.

Kesukaan Ade pada dunia akting semakin besar saja. Marshanda adalah aktris favoritnya. Ade sangat bersemangat ketika mendapat kesempatan casting untuk sinetron Bidadari. Walaupun sempat menunggu kepastian cukup lama. Pada akhirnya, Ade mengikuti juga syuting sinetron Bidadari II. Sinetron ini telah membuat Ade makin terkenal. Dan ia sangat kesulitan dengan situasi ini. Karena Ade memang tidak begitu pandai bersosialisasi. Hingga sering dicap sombong oleh mereka yang tidak begitu mengenalnya.

Karir Ade makin naik saja. Ia mendapat tawaran dari MD Entertainment untuk main di sinetron Hantu Cilik. Setelah proyek sinetron ini selesai, pihak MD memintanya untuk jadi salah satu peran di sinetron Bawang Merah Bawang Putih. Sinetron ini menjadikan nama Ade makin besar hingga ke Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Ade sangat berhasil di dunia akting. Ia membeli mobil dan juga rumah. Semua uang hasil kerjanya diatur oleh Mama. Ade juga punya supir pribadi bernama Rio. Rio sangat perhatian dan bertanggungjawab. Pria ini jadi salah satu orang yang punya peran penting dalam hidupnya. Ade yang beranjak dewasa juga mulai merasakan berbagai gejolak emosi. Sampai pernah bertengkar dengan Mama hingga meninggalkan rumah dan akhirnya tinggal di apartemen. Ade sangat kecewa ketika mengetahui Papa beristri lagi. Padahal di dasar hatinya ia sangat ingin kedua orangtuanya rujuk.

Keinginan yang tak mungkin terjadi akhirnya diwujudkannya pada pesta sweet seventeen di Bali. Kalau pun mereka tak bisa bersama lagi, setidaknya Papa dan Mama masih bisa berteman. Dan Ade ingin menunjukkan pada semua orang kalau ia juga punya Papa dan Mama yang sangat menyayangi dirinya.

Blog-Cerita-Kita
Cerita Ade


Kisah Cinta Ade

Namanya anak muda, Ade juga pernah dekat dengan pria. Sayangnya, tidak semua perjalanan cintanya mulus. Hingga akhirnya ia bertemu dengan Arlan. Pertemuan tanpa sengaja yang ternyata berujung penuh cerita. Awalnya, Ade dan Arlan hanya berteman biasa. Mereka memang sering ngobrol dan bertukar pikiran. Karena sering bertemu dan komunikasi, rasa tertarik itu pun tumbuh di hati masing-masing. Walaupun begitu, karena Ade biasa mandiri dan punya prinsip, ada beberapa dari sikap dan kebiasaan Arlan yang tak bisa ditolerirnya. Hanya saja mereka berdua bisa berdamai kembali secara dewasa. Ade dan Arlan kemudian mencoba menjalin hubungan lebih dekat lagi, dengan kata lain mereka berpacaran.

Kepribadian Ade yang kuat membuat Arlan menetapkan hati untuk meminangnya. Orang tua Ade sempat kaget dengan niat baik Arlan. Namun, karena Ade juga sudah mantap, akhirnya Papa dan Mama menyetujui niat Arlan untuk meminang anak mereka. Ade menikah di usia muda.

Kehilangan

Di dasar hati Ade selalu ingin tinggal bersama kedua orang tua yang utuh. Sayangnya, kehidupan berkata lain. Ia harus rela melihat Papa dan Mama tidak tinggal di satu atap. Hati kecilnya sangat ingin merengkuh kebahagiaan yang tak utuh dimiliki bersama orangtuanya. Dan Papa paham benar keinginan tersebut. Pria itu berusaha membahagiakan putrinya. Namun, lagi-lagi takdir berkata lain. Ade harus merelakan lagi Papa. Kali ini ke tempat yang lebih jauh. Kekosongan yang ada di hati Ade semakin besar saja. Ia makin bingung dengan arti dirinya. Makin tak paham dengan kehidupan.

Buku Harian

Selama di tempat rehabilitasi Ade mendapat bantuan dari konselor. Sesi hipnoterapi yang dijalaninya membuka cerita-cerita masa lalu yang membuat luka. Ade ternyata terbiasa menelan mentah-mentah semua permasalahan sendirian. Ia sulit berkomunikasi untuk mengutarakan isi hatinya. Ade kini paham kenapa ia bisa terjebak narkoba. Konselor menyarankan Ade untuk menulis di buku harian. Ade menyanggupi hal tersebut, dan ia menemukan banyak hal menyenangkan dari menulis.

 

Kesimpulan

Novel Cerita Ade berisi cerita-cerita penuh inspirasi dari tokoh utamanya, Ade. Dari buku ini kita bisa belajar jika perjalanan hidup setiap manusia itu penuh lika-liku. Dari sedih jadi bahagia, dari bahagia jadi sedih. Semua berputar sesuai takdir yang telah ditentukan. Manusia juga tak bisa luput dari kesalahan. Namun, bukan berarti ia harus hancur oleh kesalahan tersebut. Setiap orang berhak mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki dirinya.

Dari buku ini juga banyak pelajaran tentang support dari keluarga. Bagaimanapun juga keluarga adalah tempat pertama kita meminta pertolongan dan perlindungan.

 

Jalan cerita novel Cerita Ade sangat menarik. Terutama perjalanan Ade dari bawah meniti karir hingga akhirnya jadi aktris terkenal. Demikian juga perjuangan Ade untuk bangkit dari keterpurukan akibat narkoba penuh dengan inspirasi yang patut dicontoh. Sebuah buku yang mengantarkan kita pada kenyataan bahwa dunia itu berputar. Ada saatnya kita berada di atas, ada saatnya pula berada di bawah.

 

Sumber : Google Foto

                 Foto pribadi (buku)

Posting Komentar

13 Komentar

  1. Dulu sempat rame ya waktu Nia Ramadhani terjerat narkoba. Sekelas dia bisa stress yg (mohon maaf) semuanya sudah dilayani bak tuan putri. Tapi baca resensi ini jadi tahu kalau Nia Ramadhani juga punya luka masa kecil

    BalasHapus
  2. Terima kasih sharing review-nya mba .jadi tahu tentang buku yang ditulis berdasarkan kisah hidup Nia Ramadani ini. Banyak hikmah yg bisa kita petik dari buku ini ya...

    BalasHapus
  3. Ade begitu kuat dan tangguh ya menjalani hari-harinya.
    yup, keluarga adalah segalanya, keluarga adalah tempat ternyaman untuk pulang, karena hanya keluargalah yang benar-benar dekat dengan kita bahkan saat tersulit sekali pun.

    BalasHapus
  4. Ada luka di masa kecilnya Ade. Dan kaget banget waktu dengar berita dia kena narkoba. Semua ada hikmahnya dan cerita perjalanan Ade ini mmg penuh makna.

    BalasHapus
  5. jadi kehadiran orang tua yang utuh adalah impian Ade yaa. Semoga ke depannya kehidupan Ade jadi lebih bahagia, amiiin

    BalasHapus
  6. Jadi sadar banget ya.. bahwa setiap kehidupan manusia itu gak pernah ada yang tenang, tanpa masalah. Mau orang kaya, orang cantik dan terkenal, tetap saja ada masalah dan pada akhirnya menjadikan hidup ini adalah sebuah proses untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

    BalasHapus
  7. Ade tuh si Nia Ramadhani ya di novel itu? Arlan itu menggambarkan Ardi kah?
    Keluarga yang utuh dan mendukung kita tuh emang sangat mempengaruhi masa depan. Kadang ada yang insecure karena berangkat dari keluarga tidak harmonis, selalu merasa kurang disayangi oleh orangtuanya.

    BalasHapus
  8. Kehidupan masa kecil akan selalu teringat kembali bahkan ada yg ga bisa lepas dan menjerat kehidupan masa depannya yg menjadikan trauma. Ade skr sudah ada kehidupan yg baik dan didampingi orang2 yg baik dilingkungannya. Buku ini bisa jadi pelajaran bagi kita semua.

    BalasHapus
  9. menarik juga ya mba untuk membaca perjalanan hidupanya dan mengambil banyak pelajaran penting dari sini. Ini benar - benar menggambarkan kisah hidup nyata Nia berarti ya mba

    BalasHapus

Halo, dilarang spam yah. Maaf, kalau ada komentar tidak pantas mimin bakal langsung hapus.