Suka Duka Lebaran Di Perantauan

Suka Duka Lebaran Di Perantauan




Lebaran-pertama


Ini kali kedua aku lebaran di tanah rantau. Sedih pastinya, tapi tidak seperti tahun kemarin. Sekarang kadar sedihnya cuma 20 persen saja. Mungkin karena sudah tahan banting, atau kemungkinan terbesarnya adalah karena awal puasa kemarin sudah sempat pulang ke Bandung.

Seperti Apa Rasanya Lebaran Sendirian?

Jangan ditanya deh gimana rasanya lebaran sendirian hehe. Bayangkan saja, pasang alarm pagi-pagi biar enggak ketinggalan salat Ied, terus menyiapkan alat-alat salat sendirian juga. Biasanya kalau mau salat Ied itu heboh. Mukena sama sajadah terbaik dikeluarkan. Terus koran bekas juga disiapkan buat alas kalau kebagian salat di tempat berumput. Udah gitu biasanya saling duluan buat carter tempat salat.

Nah, sekarang segalanya sendirian. Jalan ke masjid sendirian, cari tempat salat yang pas juga sendirian. Kemarin salatnya kebagian di teras masjid sih. Tentunya aku cari tempat yang paling dekat sama sumber angin. Soalnya di sini itu panas banget. Sayangnya ceramah setelah salat Ied pakai bahasa Jawa huhu. Jadilah aku pendengar paling baik, tapi dengan pemahaman paling nihil.

Tips dan Trik Lebaran Di Tempat Baru

Sebenarnya enggak ada trik khusus sih, cuma beberapa kebiasaan aku saja. Jadi waktu pertama kali datang ke kosan yang di sini aku tuh langsung cari tahu tempat-tempat penting. Yang paling penting pasti tempat makan dong hehe. Secara aku cuma bawa kipas angin sama kabel panjang doang dari Surabaya.

Nah, karena waktu sewanya cukup lama sekitar 10 hari jadi aku langsung otewe nyari Indo sama Alfa wkk. Apalagi hari pertama lebaran pasti pada libur dong. Padahal kenyataannya asal tahu tempatnya pasti ada kok yang buka. Soalnya setelah beli-beli makanan di Indo aku malah nemu warung pentol di belokan dekat kosan. Lumayanlah 5 ribu bisa untuk ganjal perut. 

Setelah itu langsung cari juga tempat isi ulang air. Walaupun liburan bukan berarti harus boros-boros dong. Kebetulan di sini itu banyak yang jual nasi pecel sama nasi tumpang yang harganya murmer, asal tahu saja tempatnya. Cuma ya itu, karena di sini engga ada angkot jadinya kemana-mana mesti jalan kaki. Sebenarnya engga masalah karena aku selama ramadan kemarin kurang olahraga, jadi anggap saja ini penebusnya. Lagian jaraknya juga pada enggak jauh, paling banter 500 meter.

Waktu salat Ied


Terus selanjutnya aku cari tahu juga letak mesjid. Alhamdulilah engga terlalu jauh dari kosan tempatnya. Jadinya sering nongkrong juga di mesjid kalau lagi suntuk, soalnya vibes-nya memang lagi banyak orang hamg mampir pas lagi dalam perjalanan mudik. Mangkanya suasana mesjidnya suka ramai.

Setelah tahu tempat-tempat penting untuk bertahan hidup selama lebaran yang lainnya pun menyusul. Seperti misalnya warung kopi buat nongkrong hehe. Entahlah, karena terbiasa bertahan sendirian di tempat asing jadinya engga berasa tertekan atau lainnya. Malah banyak kemudahan sih biasanya yang ditunjukan sama Allah. Lagipula yang penting bisa bertahan saja  di dua hari pertama lebaran. 

Dukanya memang harus dari awal lagi adaptasi sama hal-hal baru, apalagi sekarang cuma 10 hari saja. Sukanya ya dapat teman-teman baru juga tempat nongkrong baru. Yah namanya juga hidup di tanah orang jadinya harus tahan banting.


Sebenarnya tidak ada tempat yang paling hangat untuk menghabiskan lebaran selain di kampung halaman. Namun apa mau dikata apabila harus menjalani hidup di perantauan. Yang berarti harus mampu berdamai dengan kesendirian dan kesunyian. Alhamdulilah aku engga pernah merasa kesepian lagi sekarang. Karena seperti kata Allah, La Tahzan Innallaha Ma'ana. Minal aidzin wal faizin semua, mohon maaf lahir dan batin.


Posting Komentar

0 Komentar